PENDIDIKAN POLITIK, DPRD BOYOLALI UNDANG PELAJAR IKUT SIDANG

PENDIDIKAN POLITIK, DPRD BOYOLALI UNDANG PELAJAR IKUT SIDANG
Posted in Headline
Posted on: March 23rd, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Suasana berbeda terlihat di deretan kursi undangan di ruang sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Boyolali, Kamis (23/3). Tampak puluhan pelajar berseragam duduk menyimak mengikuti jalannya Sidang Paripurna yang baru pertama mereka ikuti. Dengan didampingi guru pembimbingnya, para pelajar yang berasal dari sembilan sekolah SMP dan SMA/SMK di Boyolali tampak antusias mengikuti jalannya sidang paripurna. Lembaga pendidikan yang diundang adalah dari SMPN 1 Boyolali, SMPN 2 Boyolali dan SMPN 4 Boyolali serta SMPN 4 Mojosongo. Kemudian tingkat SMA berasal dari SMAN 1 Boyolali, SMAN 2 Boyolali dan SMAN 3 Boyolali. Sementara yang lain dari SMKN 1 Boyolali dan SMKN 1 Mojosongo.

Ketua DPRD Boyolali, S.Paryanto bermaksud agar pelajar bisa mengetahui proses sidang di DPRD Boyolali. “DPRD Boyolali sering mendapat kunjungan dari berbagai sekolah di Boyolali. Untuk kali ini sengaja kami undang untuk ikut serta dalam jalannya sidang paripurna,” terang S. Paryanto. Dengan mengikuti jalannya sidang ini pihaknya berharap pelajar dapat mengetahui bagaimana jalannya sidang yang mengambil keputusan penting bagi warga masyarakat Boyolali.

Salah satu kegiatan pendidikan politik dengan mengundang siswa ini disesuaikan dengan agenda penetapan dan persetujuan terhadap empat Ranperda. Ranperda itu adalah Ranperda tentang Tarif Pelayanan Kesehatan Kelas III pada Rumah Sakit Umum Daerah Waras Wiris Kabupaten Boyolali dan Ranperda tentang Pembentukan Perusahaan Perseroan Daerah Bank Perkreditan Rakyat Bank Boyolali. Sementara Ranperda yang ketiga tentang Pencabutan Perda Nomor 9 Tahun 2006 tentang Peraturan Desa, Perda Nomor 13 Tahun 2016 tentang Sumber Pendapatan Desa, Perda Nomor 14 Tahun 2006 tentang Kedudukan Keuangan Kepala Desa dan Perangkat Desa beserta Perubahannya dan Perda Nomor 10 Tahun 2015 tentang Pedoman Penyusunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa. Kemudian untuk Ranperda yang keempat Ranperda tentang Penyelenggaraan Pendidikan.

Salah satu siswa yang berkesempatan ikut adalah Sesar Intan, siswa SMPN 1 Boyolali. Siswa kelas VIII ini menyampaikan rasa senang bisa tahu jalannya sidang yang dilakukan wakil rakyat. “Sangat senang bisa diundang mengikuti sidang DPRD Boyolali. soalnya bisaa langsung melihat anggota DPRD sedang rapat,” terang singkat siswi yang bercita-cita menjadi Bupati ini.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top