PENATAAN KAWASAN DRAINASE DAN PJU KE PENGGING DIPERBAIKI

PENATAAN KAWASAN DRAINASE DAN PJU KE PENGGING DIPERBAIKI
Posted in Informasi
Posted on: November 15th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI : Penataan kawasan wisata Pengging, Kecamatan Banyudono terus dilakukan Pemkab Boyolali. Salah satunya yakni penataan trotoar dan pemasangan lampu penerangan jalan umum (PJU) di sepanjang jalan Ngangkruk-Pengging.

Penataan trotoar  selain perbaikan juga direnovasi saluran drainasenya. Seluruh paving trotoar lama kemudian dibongkar dan saluran airnya kemudian dipasang boks air di bagian depan trotoar. Pemasangan boks saluran air, pekerja menggunakan alat berat begu mini untuk pengerukan. Setelah dikeruk, boks kemudian dipasang dan diberi penutup di bagian atasnya. Penutup yang dipasang memiliki lubang untuk jalan air masuk ke dalam saluran drainase.

Sementara untuk PJU, sebanyak 18 lampu yang dipasang menggantikan PJU yang lama. Pemasangan PJU ditempatkan pada sisi timur jalan dengan menggunakan katrol. Untuk memperkuat konstruksi, pemasangan tiang dilakukan di landasan yang sudah dicor sebelumnya.

Kepala DPU dan Penataan Ruang (DPU-PR) Boyolali, M Qodri mengatakan perbaikan trotoar, drainase, dan pemasangan PJU tersebut merupakan bagian dari penataan kawasan. Perbaikan tersebut dimulai 13 September hingga 11 Desember mendatang dengan alokasi anggaran sebesar Rp 956 juta.

Sambutan positif pun dilontarkan masyarakat yang berharapkan dengan penataan kawasan ini, dapat mempercantik kawasan wisata Pengging. Setidaknya dengan penataan ini selain menjadikan trotoar lebih bersih dan nyaman, tidak lagi tergenang terutama saat musim penghujan.

“Semoga selesai tepat waktu, apalagi sekarang ini kan sudah mulai turun hujan,” tutur Joko (50), warga Banyudono.

Menurut dia, perbaikan trotoar terutama drainase sangat diperlukan, mengingat selama ini kondisi jalan sering tergenang saat musim hujan. Menurut dia, kondisi saluran air yang sudah ada sebelumnya, sudah tertutup tanah sehingga air hujan sering meluap. Dengan penataan ini, genangan air diharapkan tidak lagi terjadi, apalagi drainase dibangun lebih lebar untuk memperlancar pembuangan air. (ARB)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top