PENAMBAHAN DUA LUMBUNG BERAS DI BOYOLALI UNTUK TINGKATKAN KETAHANAN PANGAN

Posted in Informasi
Posted on: May 30th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Sebagai daerah sentra beras yang selalu surplus hasil panen, Boyolali terus meningkatkan ketahanan pangan di antaranya dengan terus menambah jumlah lumbung beras. Tahun ini, dua lumbung beras akan dibangun menambah belasan lumbung yang sudah ada saat ini.
Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Boyolali, Bambang Purwadi mengungkapkan, dua lumbung direncanakan dibangun di Desa Jateng, Kecamatan Klego dan Desa Pentur, Kecamatan Simo. Masing-masing lumbung berkapasitas 30 ton gabah.
“Tahun ini dibangun dua lumbung dengan dana APBD II, saat ini sudah proses detail engineering design (DED),” ungkap Bambang, Selasa (30/5).
Dijelaskan Bambang, saat ini sudah terdapat 15 lumbung beras di Boyolali. Lumbung-lumbung tersebut tersebar di sejumlah kecamatan, antara lain di Kecamatan Juwangi, Andong, Wonosegoro, Ampel, Selo, Teras, Sawit, dan Boyolali.
Dijelaskan Bambang, terdapay 112 kelompok tani yang menjadi binaan DKP dan Bapermasdes. Namun baru belasan yang memiliki bangunan lumbung permanen stimulant Pemkab Boyolali melalui DKP. Selebihnya menurut Bambang, kelompok-kelompok tani membangun lumbung secara swadaya sekalipun sederhana.
Keberadaan lumbung-lumbung tersebut menurut Bambang cukup penting, selain untuk menjaga ketahanan pangan juga menjadi penjaga stabilitas harga beras. Di sisi lain, stok gabah di lumbung juga dapat memenuhi kebutuhan beras dalam kondisi darurat seperti terjadinya bencana alam maupun musibah lainnya.
Pembangunan lumbung ini terus digalakkan sejak tahun 2010 silam. Pembangunan lumbung terutama pada wilayah yang memiliki kerentanan tinggi atas ketahanan pangan, di antaranya yakni di wilayah Kecamatan Selo maupun Wonosegoro. Wilayah Selo dikarenakan tidak ada pertanian padi, sedangkan di Wonosegoro kondisi geografisnya tandus. Idealnya di setiap kecamatan memiliki dua lumbung padi untuk mendukung ketahanan pangan wilayah.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top