PEMUDIK JKN LANGSUNG BISA KE RUMAH SAKIT TANPA RUJUKAN

PEMUDIK JKN LANGSUNG BISA KE RUMAH SAKIT TANPA RUJUKAN
Posted in Informasi
Posted on: June 15th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tahun ini kembali menerapkan kebijakan khusus terkait penyederhanaan prosedur pelayanan selama lebaran, khususnya bagi para pemudik.
Kebijakan khusus tersebut, peserta BPJS kesehatan bisa langsung mendapatkan pelayanan kesehatan di IGD rumah sakit yang ditunjuk, tanpa harus mendapatkan rujukan dari fasilitas kesehatan (Faskes) tingkat pertama. Kebijakan khusus ini diberlakukan mulai tanggal 19 Juni hingga 2 Juli mendatang.
“Bagi pemudik peserta JKN-KIS yang sedang mudik, dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. Prosedurnya, peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat,” ungkap Kepala Kantor Cabang BPJS Kesehatan Boyolali, M Farid kepada wartawan di kantornya, Kamis (15/6).
Dijelaskan Farid, kebijakan ini diberlakukan untuk memudahkan pelayanan bagi peserta terutama yang tengah mudik. Penyederhanaan prosedur layanan ini dilakukan dengan memangkas prosedur rujukan dari Faskes tingkat pertama. Berbeda dengan kondisi normal, peserta JKN semestinya harus ditangani di Faskes tingkat pertama, sebelum kemudian di rujuk ke rumah sakit atau fasilitas sekunder lainnya.
Hanya saja Farid menegaskan, peserta JKN-KIS wajib membawa kartu peserta yang masih aktif, seperti kartu BPJS, KIS, Askes, maupun kartu Jamkesmas. Hal ini dikarenakan kebijakan ini hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang sedang mudik dan status kepesertaannya aktif.
“Karena itu kami mohon agar peserta memastikan telah dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif,” kata Farid.
Dijelaskannya, untuk mengecek iuran peserta, dapat dilakukan melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile pada menu Cek Iuran. Sedangkan untuk daftar fasilitas kesehatan, menurut Farid dapat dilihat di website BPJS Kesehatan, aplikasi BPJS Kesehatan Mobile, atau melalui care center BPJS Kesehatan 1500400.
Untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan juga menciptakan aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat didownload secara gratis pada Google Play Store untuk perangkat android. Pada aplikasi ini juga dilengkapi informasi nomor-nomor telepon dan lokasi-lokasi penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, Faskes mitra BPJS, tanya jawab BPJS, info BPJS, hingga tips kesehatan.
“Selain itu, secara nasional kami juga membuka posko mudik di delapan titik padat pemudik,” imbuh dia. (Ario Bhawono)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top