PEMKAB TAMBAH KUOTA PERIZINAN TOKO MODERN

Posted in Informasi
Posted on: August 20th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Seiring dengan meningkatnya perekonomian masyarakat di Boyolali, Pemkab Boyolali terus melakukan upaya pengembangan kawasan secara merata. Di antaranya yakni dengan memberikan perizinan toko modern disertai pengaturan persebarannya.
Keberadaan toko modern ini dinilai dapat meramaikan kawasan, sehingga dengan memberikan perizinan dan pengaturan persebarannya, akan semakin meramaikan wilayah yang bersangkutan. Berkaitan ini, Pemkab Boyolali melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin), memberikan tambahan kuota perizinan hingga 175 toko.
“Salah satu tujuannya yakni agar semakin meramaikan kawasan, semisal di wilayah Selo atau Kemusu yang relatif sepi akan semakin ramai dengan adanya toko modern,” ungkap Sekretaris Disdagperin Boyolali, Widodo, pekan kemarin.
Penambahan kuota tersebut menyusul habisnya kuota 140 perizinan toko modern per Maret 2016 silam. Kota perizinan tersebut sudah dimanfaatkan masyarakat untuk membangun sendiri usaha ritel mereka atau bergabung secara franchise dengan pengusaha ritel yang sudah ada.
Dijelaskan Widodo, pemberian izin pendirian toko modern ini disambut baik masyarakat. Salah satunya dikarenakan masyarakat juga membutuhkan toko dengan pengelolaan dan manajemen yang baik. Pihaknya optimis keberadaan toko-toko modern yang ditata dengan baik, akan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.
“Masyarakat bisa memanfaatkan izin ini untuk mengembangkan usaha, khususnya ritel,” terang dia.
Lebih lanjut dikatakan Widodo, alih-alih kemungkinan munculnya resistensi atas izin pendirian toko modern ini, Widodo bahkan menyebutkan sebaliknya masyarakat justru memberikan dukungan. Hal ini tidak lepas dari keberadaan toko modern itu, di satu sisi dibutuhkan masyarakat yang menginginkan penyesuaian dengan perkembangan zaman.
Sekalipun demikian, selain melakukan penataan persebaran toko-toko modern tersebut, pihaknya juga akan mengevaluasi kembali perizinan pendirian toko modern tersebut. Setelah penambahan kuota 175 perizinan ini habis, pihaknya akan mengkaji apakah diperlukan lagi penambahan kuota atau tidak. (AR)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top