PEMKAB GELAR SIMULASI E-VOTING DI 16 DESA

PEMKAB GELAR SIMULASI E-VOTING DI 16 DESA
Posted in Informasi, Pengumuman
Posted on: November 10th, 2016 Oleh Administrator

BOYOLALI — Pelaksanaan Pilkades serentak di 16 Desa 1 Desember mendatang, dipastikan menggunakan sistem e-voting.

Ke-16 desa tersebut yakni Desa Tarubatang (Selo), Gubug dan Kembangkuning (Cepogo), Ngagrong (Ampel), Jurug dan Manggis (Mojosongo), Salakan dan Kopen (Teras), Dukuh (Banyudono), Tegalrejo (Sawit), Glintang (Sambi), Temon (Simo), Kedungrejo (Kemusu), Sendangrejo dan Karanggatak (Klego), dan Manyaran (Karanggede).

Saat ini, Pemkab Boyolali sudah menyiapkan 86 set alat, 78 set di antaranya pengadaan tahun ini senilai Rp 800 juta, untuk keperluan Pilkades e-voting tersebut.

Untuk kelancaran Pilkades e-voting, Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes) Setda Boyolali, telak melaksanakan bimbingan teknis (BIMTEK) e-voting yang telah diselenggarakan, Senin,Selasa (24,25/10/16) mulai melakukan pemantapan latihan teknis penyelenggaraan, Selasa (1/11/2016). Kemudian mulai Rabu (2/11/2016) hingga Sabtu (12/11/2016) mendatang, akan melangsungkan simulasi di tiap desa yang menyelenggarakan Pilkades.

Kabag Pemdes Setda Boyolali, Arief Wardianta mengungkapkan “Kebutuhan peralatan yang dimiliki Pemkab Boyolali sudah mencukupi”.

“Untuk pelaksanaan Pilkades e-voting nanti butuh 70 set, dan saat ini kami sudah punya 76 set. Sehingga yang 16 set nanti untuk cadangan,” Papar Arief.

Selain menggunakan sistem e-voting, pada Pilkades serentak nanti seluruh desa juga akan menerapkan e-verifikasi pemilih, hanya saja tidak seluruh desa yang dilengkapi alat e-verifikasi.

Hanya sejumlah desa yang nantinya menggunakan alat e-verivikasi antara lain Desa Kopen, Kecamatan Teras, Desa Manggis, Desa Jurug dan Kecamatan Mojosongo.

“Dengan menggunakan alat verifikasi tersebut, maka data pemilih yang hadir langsung bisa dipindai”. Terang arif.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top