PEMKAB BOYOLALI TERUS DORONG AKREDITASI PUSKESMAS

Posted in Informasi
Posted on: October 19th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI : Pemkab Boyolali terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, di antaranya dengan mendorong terakreditasinya pelayanan kesehatan tingkat Puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Boyolali, Ratri S Lina mengungkapkan, langkah akreditasi yang dilakukan sejak tahun 2016 silam itu dilakukan untuk menjamin peningkatan mutu pelayanan kesehatan masyarakat. Sejak 2016 lalu, sebanyak 10 dari 29 Puskesmas di Boyolali sudah mengantongi akreditasi.

“Tujuh Puskesmas sudah akreditasi tingkat madya dan tiga lainnya akreditasi dasar,” ungkap Lina, Kamis (19/10/2017).

Tak hanya itu, tahun 2017 ini sebanyak 13 Puskesmas lainnya juga ditargetkan meraih akreditasi pelayanan dan sudah berjalan. Sisanya, sebanyak enam Puskesmas yang belum mengantongi akreditasi, menurut Lina ditargetkan akan terakreditasi  tahun berikutnya.

Upaya akreditasi Puskesmas ini lanjut Lina, salah satunya mendasari Permenkes 75/2014, sebagai upaya menjadikan pelayanan Puskesmas memenuhi kaedah-kaedah peningkatan mutu layanan. Penilaian akreditasi ini kata Lina, dilaksanakan secara terus menerus dan proses penilaiannya dilakukan setiap tiga tahun sekali.

Lina menegaskan, akreditasi ini dilakukan agar Puskesmas dapat menjalankan fungsinya secara optimal. Salah satunya dengan pengelolaan organisasi Puskesmas yang meliputi kinerja pelayanan, proses pelayanan, serta sumber daya yang digunakan.

Puskesmas yang sudah terakreditasi, juga terus didorong untuk meningkatkan akreditasinya dari dasar menuju madya hingga paripurna. Diharapkan dengan perbaikan mutu layananan kesehatan melalui akreditasi ini dapat memberikan pelayanan kesehatan yang optimal pada masyarakat. (ARB)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top