PEMKAB BOYOLALI FASILITASI AKSES PERBANKAN UMKM

PEMKAB BOYOLALI FASILITASI AKSES PERBANKAN UMKM
Posted in Informasi
Posted on: November 24th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI : Kemudahan akses terus diberikan Pemkab Boyolali bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Boyolali. Salah satunya yakni kemudahan akses permodalan bagi pelaku UMKM.

Kebijakan ini diberikan untuk mendorong pertumbuhan UMKM. Dengan mudahnya akses permodalan bagi pelaku UMKM, diharapkan dapat semakin meningkatkan daya saing mereka. Muaranya yakni muncul kontribusi pada peningkatan perekonomian daerah.

Demikian diungkapkan Kabid Usaha mikro UMK Dinas koperasi dan Tenaga Kerja (Dinkopnaker) Boyolali, Muh. Agus Basri. Dijelaskan Basri, selain peningkatan sumber daya manusia pelaku UMKM di Boyolali, pihaknya terus berupaya memfasilitasi kemudahan akses permodalan bagi pelaku UMKM.

“Kemudahan akses kami berikan melalui rekomendasi bagi pelaku UMKM untuk mengakses perbankan, yakni Bank Boyolali yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah ,” ungkap dia.

Kebih lanjut diterangkan Basri, kemudahan akses tersebut tidak lepas dari kebijakan Bupati Boyolali, Seno Samodro, yang berkomitmen untuk terus mengembangkan industri kecil. Apalagi hal itu juga masuk dalam bagian visi misi bupati.

Lebih lanjut dijelaskan Basri, saat ini di Boyolali terdapat sekitar 28 ribu pelaku UMKM yang tersebar di 19 kecamatan di Boyolali. Mereka bergerak di berbagai bidang usaha, di antaranya yakni di bidang industri makanan, handycraft, dan sebagainya.

Agar pelaku UMKM lebih maju, menurut Basri pihaknya juga terus melakukan upaya peningkatan kualitas sumberdaya manusia UMKM. Di antaranya yakni dengan berbagai macam pelatihan sesuai dengan kebutuhan UMKM, hingga membantu pemasaran.

Terpisah, saat ini di Boyolali juga sudah terbentuk Komunitas Wirausaha Mikro (Kowim). Menurut Ketua Kowim, Toyo, keberadaan Kowim ini diperlukan untuk bisa menguatkan pelaku UMKM dan mendorong agar terus produktif. Saat ini setidaknya sudah ada sekitar 70 pelaku UMKM yang bergabung di dalam Kowim dan diperkirakan jumlah ini akan terus bertambah.

Toyo mengaku pihaknya optimis UMKM di Boyolali dapat terus berkembang, selain dengan dukungan Pemkab Boyolali, para pelaku UMKM di Boyolali juga sudah teruji sebagai pengusaha yang ulet. (ARB)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top