PEMILIHAN PUTRI CITRA MELESTARIKAN TRADISI LELUHUR KAIN DODOTAN

PEMILIHAN PUTRI CITRA MELESTARIKAN TRADISI LELUHUR KAIN DODOTAN
Posted in Headline
Posted on: July 7th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Mengenakan pakaian tradisional Jawa berupa kain basahan atau dodotan, 10 finalis bersaing dalam ajang Pemilihan Putri Citra dan Putri Citra Remaja 2017. Bertempat Pendopo Alit Rumah Dinas Bupati Boyolali pada Kamis (6/7), kegiatan tersebut dimaksudkan untuk handarbeni atau melestarikan nilai tradisi leluhur berupa kain dodotan. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Boyolali, Wiwis Trisiwi Handayani dalam sambutannya.

 “Maksud dilaksanakannya kegiatan ini akan memberikan satu wacana untuk melestarikan nilai nilai tradisi dalam suatu tampilan yang berbeda yaitu berupa kain dodotan memberikan rasa handarbehi untuk melestarikan nilai-nilai tradisi dari para leluhur,” ungkap Wiwis.

 Kegiatan tersebut, telah dilaksanakan selam dua kali yakni pada pagi hari yang diikuti peserta berusia 13 hingga 16 tahun dalam Putri Citra Remaja. Sementara pada malam harinya, Putri Citra diikuti peserta dengan usia 17 hingga 25 tahun. Peserta berkompetisi dengan menampilkan cara tata cara pemakaian busana dan keluwesan. Selain itu juga ada penilaian dalam paparan yang menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

 Dalam Ajang Putri Citra diharapkan dapat menghasilkan putri yang cantik, cerdas, berwawasan luas, dapat dijadikan sebagai kompetisi yang sehat, positif untuk meningkatkan prestasi sehingga dapat mengangkat derajat budaya yang adiluhung. Pada kesempatan ini dipilih juara yang akan disiapkan untuk bersaing kembali di tingkat selanjutnya.

 Putri Citra sendiri telah diselenggarakan di Indonesia beberapa kali. Beberapa tempat yang telah dijadikan tempat seperti Papua, Semarang, Denpasar. Kemudian 2017 ini diwacanakan akan dilaksanakan di Boyolali, bertempat di Gedung Balai Sidang Mahesa, yang akan dimeriahkan oleh Krisdayanti dan Kinaria Guruh Soekarno Putra pada tanggal 1 hingga 3 Agustus mendatang.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top