PEMILIH PEMULA JADI TARGET SOSIALISASI KPU BOYOLALI

PEMILIH PEMULA JADI TARGET SOSIALISASI KPU BOYOLALI
Posted in Informasi
Posted on: October 30th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI : KPUD Boyolali gencar melakukan sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilgub Jateng 2018 mendatang. Sosialisasi di antaranya fokus pada para pemilih pemula, yang diharapkan dapat meningkatkan tingkat partisipasi dalam Pemilu.
Komisioner KPU Boyolali Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Pargito, mengungkapkan sesuai target yang ditetapkan KPU pusat, tingkat partisipasi pada Pilgub 2018 secara nasional mencapai 77,5 persen.
Pihaknya optimis target tersebut dapat terpenuhi. Apalagi berdasarkan dari Pemilu sebelumnya, yakni saat Pileg 2014 lalu, tingkat partisipasinya bahkan hampir mencapai 80 persen.
Meski demikian, upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih, terus dilakukan KPUD, di antaranya dengan berbagai upaya sosialisasi.
Dijelaskan Pargito, para pemilih pemula tetap mendapatkan fokus perhatian, mengingat berdasar kalkulasi awal jumlah para pemilih pemula ini mencapai sekitar lima persen dari total jumlah pemilih di Boyolali, yang mencapai sekitar 760 ribu pemilih.
Kalkulasi tersebut menurut dia, di antaranya dihitung dari jumlah siswa yang lulus sejak Pemilu terakhir lalu. “Juga termasuk angkatan yang tidak bersekolah dan sebagainya,” ujar dia.
Lebih lanjut dijelaskan Pargito, salah satu bentuk sosialisasi pemilih pemula yakni dengan mengakomodir bentuk pemilihan umum di tingkat sekolah, seperti pemilihan ketua OSIS yang disimulasikan laiknya mekanisme Pemilu.
Menurut Pargito, sosialisasi sengaja diberikan pada pelajar tingkat SMA/SMK ini sebab usia pelajar sekolah tingkat ini sudah mendekati usia pemilih.
“Sosialisasi melalui pemilihan ketua Osis sudah dua tahun terakhir kami selenggarakan untuk sekolah tingkat SMA/SMK. Sosialisasi dengan model ini signifikan untuk mengenalkan   mekanisme dan sistem demokrasi sejak dini,” papar dia.
Sementara itu, selain pelajar, para pensiunan TNI/Polri juga termasuk dalam pemilih pemula. Pasalnya, saat masih aktif bertugas, mereka tidak mempunyai hak suara, dan baru berhak mencoblos pada Pilgub nanti.
Sedangkan untuk masyarakat umumnya, sosialisasi juga terus dilakukan KPUD Boyolali, salah satunya termasuk kegiatan jalan sehat, Minggu (29/10/2017) kemarin. Agenda jalan sehat tersebut menjadi salah satu upaya sosialisasi Pilgub yanh diselenggarakan KPUD. Pargito mengatakan, dengan masifnya sosialisasi yang dilakukan, pihaknya berharap gelaran Pilgub dapat berjalan sukses, baik dari tingkat partisipasi hingga kelancaran dan keamanan sesuai mekanisme demokrasi. (ARB)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top