PEMERINTAH DESA DIMINTA PASANG PAPAN INFORMASI ANGGARAN DESA

PEMERINTAH DESA DIMINTA PASANG PAPAN INFORMASI ANGGARAN DESA
Posted in Headline
Posted on: April 12th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI : Pemerintah desa wajib memasang publikasi anggaran desa, baik dana desa maupun alokasi dana desa. Publikasi ini sebagai bentuk transparansi informasi publik terkait penggunaan anggaran desa.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Boyolali, Purwanto, Rabu (12/4). Menurut Purwanto masyarakat butuh dan ingin mengetahui secara pasti anggaran desa dan peruntukkannya. Sehingga dengan adanya papan publikasi, masyarakat diharapkan mengetahui, mengerti, dan ikut mengawal sesuai peruntukkannya.

“Kami meminta pemerintah desa untuk mempublikasikan anggaran desa, agar masyarakat mengerti untuk apa saja penggunaan dana desa itu,” ungkap Purwanto.

Publikasi tersebut bisa dilakukan dengan membuat papan atau baliho informasi terkait anggaran desa. Selain itu juga bisa dilakukan dengan pemasangan spanduk tentang anggaran desa dan peruntukkannya.

Dijelaskan Purwanto, setiap desa alokasi anggarannya berbeda. Selain itu setiap desa juga memiliki skala prioritas masing-masing, yang berbeda satu dengan lainnya dalam pengembangan desa. Sehingga perwujudan anggaran dana desa maupun alokasi dana desa untuk setiap desa akan berbeda-beda pula.

Di sisi lain, masyarakat saat ini kebanyakan tahunya bahwa anggaran desa mencapai Rp 1 miliar. Padahal hal itu menurut Purwanto tidak benar. Sehingga sebagai upaya transparansi, masyarakat perlu diberikan informasi terkait peruntukkan anggaran desa.

Terpisah, seiring dengan perubahan SOTK perangkat desa, setiap aparatur desa juga diminta untuk menguasai teknologi informasi. Salah satunya yakni terkait sistem informasi keuangan. Apalagi saat ini sistem keuangan anggaran desajuga terkoneksi dengan Badan Pemerika Keuangan Pemerintah (BPKP). Sehingga pengelolaan anggaran desa harus dilakukan secara transparan.

Camat Sambi, Widi Noegroho, di sela-sela pelantikan perangkat Desa Tempursari, Senin (10/4/2017), meminta agar perangkat desa bisa menjalin komunikasi yang baik dan intens, terutama dengan pemangku kepentingan di lingkungan desa masing-masing. Komunikasi yang baik menurut dia, untuk menghidarkan kesalah-pahaman dalam pengelolaan anggarandesa. Apalagi dana desa semakin tahun semakin besar. Pemanfaatannya lanjut dia, harus sesuai aturan dan tata cara yang benar.

“Supaya bisabermanfaat bagi masyarakat dan tidak timbul masalah di kemudian hari,” jelas dia.(

 

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top