PEMERATAAN PENDIDIKAN BERKUALITAS DENGAN TERAPKAN AJARAN DAN PRINSIP PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA

PEMERATAAN PENDIDIKAN BERKUALITAS DENGAN TERAPKAN AJARAN DAN PRINSIP PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA
Posted in Headline
Posted on: May 2nd, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Kelahiran seorang bernama Raden Mas Soewardi Soerjaningrat 128 tahun yang lalu, pada hari ini, Selasa (2/5) diperingati bangsa Indonesia dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Seorang aktivis yang akhirnya dikenal dengan sebutan Ki Hadjar Dewantara ini merupakan pelopor pendidikan bagi bangsa Indonesia sehingga bergelar Bapak Pendidikan Nasional. Ajaran sang pahlawan nasional tersebut hingga kini masih relevan untuk dapat diterapkan dalam peringatan Hardiknas tahun ini yang mengusung tema Percepat Pendidikan yang Merata dan Berkualitas”.

 Diperingati dengan upacara bendera, peringatan Hardiknas di Boyolali digelar di depan Kantor Bupati Boyolali yang diikuti berbagai unsur ASN, siswa dan elemen pendidikan di Boyolali. Bertindak sebagai inspektur upacara, Wakil Bupati Boyolali, M. Said Hidayat berpesan agar tujuan pendidikan dapat diraih secara bersama-sama. “Pendidikan harus merata dan berkualitas merupakan tujuan tanggungjawab kita bersama,” terang Wabup.

 Selanjutnya Wabup juga berpesan untuk bisa menerapkan ajaran dan prinsip pendidikan yang diajarkan Ki Hadjar Dewantara. Tiga hal yang diajarkan Ki Hadjar Dewantara yakni Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani. “Ketika di depan menjadi teladan, di tengah mampu memberikan inspirasi dan ketika di belakang menjadi pendorong,” imbuh Wabup Said.

 Selain itu Wabup menambahkan, selain tiga ajaran tersebut, terdapat pula prinsip pendidikan yang disebut Panca Dharma untuk mengembangkan pendidikan. Panca Dharma dimaksud dengan adanya asas kemerdekaan, asas kodrat alam, asas kebudayaan, dan asas kebangsaan, serta asas kemanusiaan.

 Dengan ajaran dan prinsip pendidikan itu, Wabup berharap seluruh lapisan masyarakat dapat menjangkau layanan pendidikan.

 “Bagaimana kita ke depan memiliki generasi yang berkualitas, dengan pemerataan menjadi perhatian kita,” tandas Wabup.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top