PEDULI HAM, BOYOLALI RAIH PENGHARGAAN KEMENKUM HAM

PEDULI HAM, BOYOLALI RAIH PENGHARGAAN KEMENKUM HAM
Posted in Headline, Informasi
Posted on: December 13th, 2016 Oleh Administrator

BOYOLALI : Pelaksanaan kebijakan pemerintah daerah tanpa diskriminasi, terutama terkait pemenuhan hak asasi manusia (HAM), menempatkan Boyolali sebagai kabupaten yang meraih penghargaan peduli HAM dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM).

Penghargaan yang diserahkan langsung Menkum HAM,  Yasona H Laoly pada peringatan Hari HAM sedunia tingkat nasional di Surabaya 8 Desember lalu, menegaskan bahwa pemerintahan di Boyolali dijalankan tanpa adanya diskriminasi.

Kabag Hukum dan HAM Setda Boyolali, Sunarno mengungkapkan, penghargaan Boyolali sebagai daerah yang peduli dengan HAM, membuktikan komitmen pemerintahan Bupati Seno Samodro selama ini menjunjung tinggi HAM untuk semua lapisan masyarakat tanpa diskriminasi.

“Semua diperlakukan sama dalam pemenuhan HAM,” tegas dia.

Pemenuhan hak-hak seperti hak hidup, hak mengembangkan diri, hak atas kesejahteraan, hak atas rasa aman, hingga hak-hak perempuan, terus diperhatikan Pemkab Boyolali melalui kegiatan-kegiatan di masing-masing satuan perangkat kerja daerah (SKPD).

Kasubag Bantuan Hukum dan HAM Setda Boyolali, Yoga Nugroho menambahkan, penghargaan tersebut tak lepas dari pelaksanaan hukum tanpa diskriminasi, sebagai dasar bernegara dan bermasyarakat. Hukum lanjut dia, diterapkan untuk melindungi HAM di dalam keberagaman atau kebhinekaan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Terkait penghargaan ini, dijelaskan Yoga, penilaian dilakukan selama satu tahun sejak Januari hingga Desember 2015 silam. Seluruh data-data kegiatan SKPD yang berkaitan dengan pemenuhan HAM dikirimkan ke kementrian terkait.

“Data salah satunya berupa kuisioner masyarakat akan kegiatan SKPD yang terkait dengan pemenuhan hak masyarakat,” papar Yoga.

Data-data yang dikirimkan ke Kemenkum HAM tersebut, kemudian dievaluasi dan diklarifikasi. Hasilnya, Boyolali mendapat penghargaan sebagai kabupaten yang peduli dengan HAM. Dengan penghargaan ini, Yoga menyatakan pihaknya berharap bisa mengangkat derajat masyarakat Boyolali, sekaligus penegasan pemberlakuan hukum tanpa pandang bulu atau diskriminasi. Pihaknya juga berharap, ke depan penghargaan ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan. ()

 

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top