PASAR SAMBI DIRESMIKAN, PRESIDEN TARGETKAN 5.000 PASAR TRADISIONAL DIBANGUN

PASAR SAMBI DIRESMIKAN, PRESIDEN TARGETKAN 5.000 PASAR TRADISIONAL DIBANGUN
Posted in Headline
Posted on: January 30th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI : Presiden Jokowi, Senin (30/1) meresmikan pembangunan revitalisasi Pasar Sambi, Boyolali. Dalam kesempatan itu, Presiden menegaskan target beliau untuk merevitalisasi 5.000 pasar tradisional selama lima tahun pemerintahannya.
Dalam sambutannya, Jokowi menyatakan, dari data dan pantauannya di pasar-pasar tradisional yang ada dari Sabang hingga Merauke, hampir seluruh pasar tradisional kondisinya kumuh, becek, dan tidak ada tempat parkir yang memadai.
Sementara keberadaan pasar tradisional sangat penting bagi masyarakat. Selain sebagai pusat ekonomi, juga pertukaran informasi di masyarakat. Sehingga revitalisasi pasar-pasar tradisional menjadi salah satu perioritas dalam pemerintahan Jokowi.
“Target kami merevitalisasi 5.000 pasar tradisional selama lima tahun dan sekarang sebagian sudah dilakukan,” ungkap Jokowi.
Jokowi menegaskan, pasar tradisional tidak boleh kalah dengan supermarket-supermarket apalagi mall, yang banyak berkembang saat ini. Salah satu kunci memajukan pasar tradisional, yakni dengan membuatnya nyaman, baik bagi pedagang maupun masyarakat konsumen.
Langkah revitalisasi pasar tradisional ini diharapkan menjadikan pasar sebagai pusat ekonomi rakyat yang nyaman, tidak lagi becek, dan memiliki areal parkir yang memadai. Menurut Jokowi, tidak perlu pasar tradisional menggunakan AC, sebaliknya cukup dengan kondisi yang nyaman dan bersih serta sikap pedagang yang ramah. Di sisi lain, pasar yang sudah direvitalisasi diharapkan dapat terus dijaga dan dirawat dengan baik.
“Harapan saya pasar rakyat menjadi rapi dan bersih, sehingga yang datang untuk membeli nyaman dan senang. Jangan sampai pasar-pasar rakyat kita kalah dengan supermarket apalagi mall,” tegas Jokowi.
Sementara itu menurut Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita, menjelaskan sebelum direvitalisasi Pasar Sambi hanya mampu menampung 370 pedagang. Namun setelah dibangun mampu menampung 572 pedagang. Revitalisasi Pasar Sambi menelan alokasi anggaran hingga Rp 6 miliar.
Enggartiasto mengatakan, banyak pasar tradisional yang kondisinya rusak, baik karena usia maupun karena kumuh tidak terpelihara. Padahal ekonomi pasar tradisional ini sangat riil sehingga perlu upaya revitalisasi.
“Target revitalisasi 5.000 pasar tradisional selama lima tahun, atau 1.000 pasar per tahun. Hingga tahun ini sudah sekitar 700-an pasar yang direvitalisasi. Kekurangan target tahun kemarin akan kami kejar tahun ini.” Kata Mendag.
Dijelaskan Mendag, revitalisasi pasar tradisional mampu meningkatkan perputaran ekonomi. Setidaknya dari data yang masuk, rata-rata peningkatan ekonomi mencapai 400 persen, bahkan tertinggi bisa mencapai 900 persen.
Sehingga menjadi komitmen pemerintah untuk membangun pasar tradisional sebagai pusat atau sentra kemandirian ekonomi. Dengan revitalisasi, pasar yang sebelumnya kebanyakan beroperasi pada hari pasaran, saat ini bisa beroperasi setiap hari.
Sementara itu, peresmian Pasar Sambi juga dihadiri oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Sedangkan dari Boyolali, selain Bupati Seno Samodro, juga Ketua DPRD S Paryanto, dan jajaran Muspida lainnya. Selain itu, kedatangan Jokowi juga disambut ribuan masyarakat Sambi dan sekitarnya. Warga bahkan banyak yang menunggu Jokowi di jalan Bangak-Simo. Bahkan, Presiden juga menyempatkan berhenti untuk membagi-bagikan buku tulis kepada siswa SD.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top