PANEN PERDANA KELENGKENG DI TEGALGIRI, NOGOSARI

PANEN PERDANA KELENGKENG DI TEGALGIRI, NOGOSARI
Posted in Informasi
Posted on: October 18th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Usaha kelompok tani Subur dukuh Grogolan, Desa Tegalgiri, Nogosari dalam menanam kelengkeng mulai menampakkan hasilnya. Varietas kelengkeng Itoh Super yang ditanam sejak 22 Desember 2013 lalu sudah menghasilkan buah segar. Panen perdana kelengkeng pada lahan seluas 1.500 meter persegi tersebut digelar pada Selasa (17/10). Lahan milik salah satu anggota kelompok yang sebelumnya ditanami singkong, kini disulap menjadi kebun buah segar. Varietas yang ditanam merupakan varietas unggulan yang memiliki harga jual sekitar Rp 40 ribu per kilogramnya.

“Jenis Itoh super ini memiliki keunggulan daging buah yang tebal dan bijinya kecil,” terang Ketua Kelompok Tani Subur, Siswo Sukono disela panen. Selain itu menurut Sukono buah tersebut memiliki rumpun atau dompolan yang banyak. Kemudian keunggulan dari jenis ini yakni dapat dibuahkan kapan saja.

Lebih lanjut Sukono menambahkan, pada lahan yang dikelola tersebut sebanyak 30 batang. Sementara pada panen perdana ini diperkirakan satu batang menghasilkan Rp 1 juta. Selain itu sejumlah pekarangan warga juga ditanami buah ini yang mencapai lebih dari 100 batang.

Untuk bisa merasakan hasil panen ini, kelompok tani harus merawat tanaman yang mengkonsumsi banyak air ini. Selain itu pemberian pupuk kandang yang didapat dengan mudah dilakukan setiap empat bulan sekali.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Boyolali, Bambang Jiyanto meminta petani dapat mengembangkan budidaya buah dataran rendah ini. Pihaknya akan menyampaikan agar pihak Desa menyiapknan lahan yang lebih luas untuk pengembangan yang bisa mendukung desa wisata buah di lokasi tersebut. “Atas nama pemerintah, ikut senang dengan panen perdana ini. Ke depan akan diusahakan pemberian bantuan bibit unggul dan bersertifikat. Kades diminta menyiapkan lahannya,” terangnya. (mjk/dst)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top