Berita kami

Puskesmas Ampel Gelar Rapid Tes bagi 100 Pedagang Pasar Ampel

20 July 2020 Pemerintahan

BOYOLALI – Menindaklanjuti hasil kasus positif Corona Virus Disease (Covid-19) pada pedagang sayur di Pasar Ampel, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boyolali segera menggelar rapid tes atau tes cepat. Hal tersebut dilakukan karena pasien dengan register 072 dari Desa Sampetan, Kecamatan Gladagsari melakukan aktifitas hariannya sebagai pedagang sayur di Pasar Ampel. Sebanyak 100 pedagang Pasar Ampel yang pernah kontak dengan pasien positif, mendatangi Puskesmas Ampel pada Senin (20/7/2020) untuk melakukan rapid tes.

 

Dijelaskan dokter fungsional Puskesmas Ampel, Agung Budi Prasetya bahwa hal tersebut dilakukan sebagai langkah untuk screening awal kepada kotak erat pasien positif. Pihaknya tidak ingin pasar menjadi titik atau sumber penularan Covid-19.

 

“Karena kita melihat kita khawatir di pasar ini menjadi sumber penularan karena banyak dari kasus di beberapa pasar itu sudah menjadi titik-titik penularan kasus positif. Kita tidak ingin itu terjadi di Pasar Ampel,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinkes Kabupaten Boyolali, Ratri S. Survivalina mengungkapkan agenda rapid tersebut akan terbagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama dilaksakan Senin (20/7/2020) untuk 50 pedagang, dan Selasa (21/7/2020) esok untuk 50 pedagang pasar lainnya.

 

“Dimana mulai hari sudah dilaksanakan, rencana akan dilaksanakan selama dua hari dan hari ini [Senin (20/7/2020)] hasilnya non reaktif,” terang Lina.

 

Untuk itu, pihaknya selalu menghimbau kepada masyarakat agar tetap menjalankan protokol kesehatan, baik secara personal maupun secara berkelompok. Secara personal, Lina menghimbau agar masyarakat selalu memakai masker, menjaga jarak, mencucui tangan memakai sabun dan melakukan perilaku hidup bersih. Masyarakat juga diminta untuk menghindari acara yang mengundang banyak orang dan sebisa mungkin menghindari kerumunan. (bas/hri)

BAGIKAN ARTIKEL INI