NATAL DAMAI, GSJA IMMANUEL BOYOLALI RAYAKAN DENGAN KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA

NATAL DAMAI, GSJA IMMANUEL BOYOLALI RAYAKAN DENGAN KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA
Posted in Informasi
Posted on: December 28th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI : Perayaan natal yang diselenggarakan Gereja Sidang Jemaat Allah Immanuel Boyolali cukup unik penuh muatan pruralisme, Senin (25/12/2017).
Perayaan dikemas dengan keanekaragaman budaya Indonesia, dari ujung barat hingga ujung timur. Beragam budaya seperti tari adat Papua, tari Saman, vokal grup bahasa ambon, koor kaum wanita dalam prolog drama, punawakan, tembang macapat, musik gamelan, tari Topeng Ireng, pujian sekolah minggu berpakaian adat dengan berbagai bahasa satu jua, dan penyalaan lilin natal dilanjutkan renungan natal.
Terkait perayaan natal ini, pendeta Gereja Sidang Jemaat Allah Immanuel, Krishandrika Immanuel Raharjo menyebutkan, natal adalah kasih dan damai untuk semua umat. Mengenai tema keberagaman, Handrika mengatakan untuk menegaskan pentingnya damai dan persatuan, utamanya seluruh bangsa Indonesia.
Menurut dia, persoalan keberagaman, perbedaan suku maupun agama, yang sering muncul akhir-akhir ini menjadi sebuah keprihatinan bersama. Selain menjadikan suasana yang kurang enak, juga kontras denfan pembukaab UUD 1945, bahwa perbedaan menjadikan persatuan yang abadi.
“Ini juga sesuai dengan panggilan yang ada dalam alkitab kami, kedamaian bagi setiap orang dan damai Kristus bisa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” ungkap dia.
Upaya menyelaraskan diri dengan panggilan alkitab serta kecintaan pada tanah air, maka dalam perayaan natal kali ini, pihaknya menyajikan keragaman budaya Indonesia sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Perbedaan itu tegas Handrika, bukan sebagai pembeda namun justru sebagai kekayaan bangsa yang menyatukan.
“Dalam perayaan ini tidak hanya untuk umat, tapi kami juga mengundang masyarakat lingkungan sekitar,” imbuh dia. (ARB)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top