NASIONALISME, PEMKAB GELAR LOMBA HAFAL PANCASILA DAN UUD 45

NASIONALISME, PEMKAB GELAR LOMBA HAFAL PANCASILA DAN UUD 45
Posted in Artikel, Informasi
Posted on: November 10th, 2016 Oleh Administrator

BOYOLALI (Humas) Pemkab Boyolali melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat / Kesbanglinmas mengadakan lomba meghafal pancasila dan Pembukaan UUD 1945, Selasa, 1 November 2016. Lomba diikuti 114 berasal dari 19 Kecamatan di Boyolali, dimana masing – masing kecamatan mengirimkan 6 siswa dari Perwakilan SD (2 orang putra – putrid), SMP (2 orang putra puri) dan SMA (2 anak putra dan putri). Kepala Kesbanglinmas Kabupaten Boyolali, Supomoharjo menjelaskan kegiatan lomba membaca Pancasila dan UUD 1945 ini ini bertujan untuk menanamakan nilai–nilai Dasar Negara Pancasla dan Konstitusi Undang–Undang Dasar 1945 kepada siswa, “Setelah siswa menghafal Pancasila dan UUD 1945 akhirnya memahami dan sekaligus untuk bisa mengamalkan nilai–nilai yang terkandung dalam Pancasila dan UUD 1945 dalam kehidupan sehari – hari”, tegas Supomoharjo.

“Sekarang ini sudah tidak ada lagi Pelajaran Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila/ P4 di sekolah – sekolah, sehingga lomba ini sangat penting untuk menggugah dan menanamkan nilai dasar Negara dan Konstitusi kepada anak bangsa.”Menurut Supomoharjo.

Ditambahkan,“Jawa Tengah merupakan bentengnya Pancasila, sehingga Kegiatan lomba ini merupakan wujud nyata untuk menanamkan nilai dan jiwa Pancasila kepada generasi muda. Dengan menanmakan nilai Pancasila artinya mereka akhirnya bisa memahami, menghayati dan saling toleransi antara warga Negara.

“Pada akhirnya mereka bisa hidup tentram berdampingan dan saling menghormati meski mereka berbeda suku bangsa, agama dan aliran kepercayaan, Indonesia masyarakatnya plural dan majemuk, namun dengan perbedaan itu merasa hidup rukun dan saling toleransi”.

Ditegaskan, bahkan sebelum mahasiswa yang magang dan PKL di Kabupaten Boyolali diwajibakan hafal sila – sila dari Pancasila. Sebelum Hafal Pancasila belum dierbolehkan untuk praktek magang di Boyolali. penilaian lomba meliputi vocal (tegas dan jelas), Penghayatan (Ekpresi dan keseriusan), serta Intonasi (pemenggalan dan penekanan kata). Pemenang lomba atau sang juara 1, 2 dan 3 mendapatkan piala dari Bupati Boyolali serta uang pembinaan.

Masing masing pemenang mendapatkan trophi dan uang pembinaan yang diserahkan secara langsung oleh Wakil Bupati Boyolali Said Hidayat, S.H.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top