MUSIM HUJAN, TIGA WADUK DIMITIGASI BENCANA

Posted in Informasi
Posted on: November 24th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI : Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali bersama tim SAR terus melakukan antisipasi bencana menghadapi musim penghujan yang sudah mulai datang saat ini. Salah satunya yakni mitigasi bencana air, terutama di tiga perairan yaitu di Waduk Cengklik, Waduk Kedung Ombo, serta Waduk Bade.

Mitigasi bencana di antaranya dilakukan dengan peningkatan kegiatan patrol air bersama. Menurut Ketua tim SAR BPBD Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetyo, mitigasi bencana penting dilakukan mengingat di tiga waduk tersebut sering terjadi bencana atau kecelakaan air.

Pihaknya pun mengimbau masyarakat, utamanya para pencari ikan, untuk lebih berhati-hati dan waspada saat di kawasan perairan. Kewaspadaan terutama saat kondisi cuaca tengah ekstrem, sebaiknya mereka menghindar dan tidak masuk ke areal waduk.

“Hati-hati terutama saat kondisi cuaca ekstrem, jangan main atau masuk ke waduk. Saat kondisi cuaca membahayakan, lebih baik menghindar,” ungkap Fajar, yang juga sebagai Kasi Kedaruratan BPBD Boyolali itu.

Berdasarkan pengalaman sebelum-sebelumnya, utamanya saat terjadi bencana orang tenggelam di waduk, menurut Fajar bencana tersebut terjadi kebanyakan lantaran korban abai atas keselamatan dirinya. Beberapa kasus terjadi lantaran korban bermain gethek atau perahu hingga ke tengah waduk tanpa menghiraukan kondisi cuaca. Imbasnya, saat terjadi angin kencang membuat perahu terbalik dan korban tenggelam.

Antisipasi lanjutan, BPBD menurut Fajar dalam waktu dekat ini juga berencana mendirikan Posko bencana alam. Meski demikian, menurut Fajar kewaspadaan bencana juga diimbau untuk seluruh masyarakat Boyolali. Pasalnya, potensi ancaman bencana cukup merata di wilayah Boyolali terutama saat musim hujan.

Sejumlah wilayah yang berpotensi bencana antara lain rawan tanah longsor di antaranya di wilayah Kecamatan Selo, Musuk, Cepogo, Ampel, serta Kemusu. Selain itu ancaman bencana longsor akibat tanah gerak juga terdapat di wilayah Kecamatan Klego. (ARB)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top