MONUMEN GEMPA BUMI CEPOKOSAWIT

MONUMEN GEMPA BUMI CEPOKOSAWIT
Posted in Informasi
Posted on: January 12th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Sebuah bangunan didirikan di areal persawahan di Desa Cepokosawit, Sawit, Boyolali sebagai penanda peristiwa bencana alam yang pernah terjadi di wilayah tersebut. Peringatan dari alam berupa gempa bumi berscala 5,9 Richter itu terjadi pada hari Sabtu, 27 Mei 2006 silam, dengan pusat gempa berada di Bantul, Yogyakarta. Gempa dahsya tini berdampak di sembilan dukuh dari 12 dukuh di Cepokosawit.

Monumen ini dibuat sebagai peringatan 10 tahun peristiwa gempa, yang bertujuan sebagai sebagai pengingat telah terjadi gempa bumi dahsyat yang membuat trauma warga. Meski kejadian itu tidak pernah bisa hilang dari ingatan, namun warga memiliki semangat untuk membangun kembali rumah mereka yang rusak. “Monumen ini sebagai kenang-kenangan bagi warga, bahwa disini pernah terjadi gempa. Sehingga diharapkan ketika membangun rumah bisa membuat bangunan menyesuaikan anti gempa,” terang inisiator pembangunan monumen, Soekoyo pada Rabu (11/1).

Pembangunan monumen ini mengandalkan dana dari swadaya dan iuran dari warga yang merantau ke lain daerah. Selain monumen yang memiliki sejumlah makna, saat ini dalam satu lokasi masih dalam proses pembangunan museum yang ke depan akan berisi beberapa benda yang menjadi saksi peristiwa gempa dan sejumlah benda purbakala milik warga.

Bentuk dari monumen ini terdiri dari beberapa bagian yang memiliki filosofi tersendiri. Angka 2006 menggambarkan tahun peristiwa gempa, kemudian bola bumi bermakna gempa bumi. Kemudian 27 lembar daun di bagian sayap bermakna tanggal kejadian gempa, sementara lima buah bulatan di bawah bola dunia menggambarkan bulan kejadian dan gambar lima kotak segi empat pada bagian sayap monumen mengartikan waktu kejadian gempa.

Sementara 12 kotak berbentuk segi empat bermakna jumlah dukuh di Desa Cepokosawit, 12 gambar bunga sakura di tengah bermakna jumlah dukuh. Tiga pola gambar bermotif bunga di bagian bawah mengartikan tiga dukuh paling parah terkena gempa dan sembilan gambar bulatan bermakna jumlah dukuh yang terkena gempa.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top