MENJEANG RAMADHAN HARGA MULAI NAIK, NAMUN MASIH WAJAR

MENJEANG RAMADHAN HARGA MULAI NAIK, NAMUN MASIH WAJAR
Posted in Informasi
Posted on: May 16th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Menjelang bulan puasa Ramadhan, harga kebutuhan pokok mulai mengalami kenaikan. Meski demikian, kenaikan harga pangan tersebut masih normal.
Kenaikan di antaranya pada harga daging ayam potong, yang saat ini sudah mencapai kisaran Rp 30.000/kg di sejumlah pasar tradisional di Boyolali. Harga daging ayam saat ini naik sekitar Rp 2.000/kg dibandingkan sepekan kemarin.
Kenaikan harga daging ayam ini menurut Parmi, salah satu pedagang di Pasar Sambi, terhitung masih wajar. Menurut dia, kenaikan ini tidak signifikan mengingat tingginya permintaan daging ayam saat ini. Di sisi lain untuk pasokan daging juga masih aman. Meski demikian, menurut Parmi harga daging ayam ini diprediksi akan terus mengalami kenaikan hingga lebaran nanti.
“Ya memang kalau mendekati puasa harga pasti naik. Kan banyak yang membutuhkan, termasuk untuk tradisi sadranan atau selamatan,” ungkap dia.
Sementara itu meski kenaikan harga tidak mempengaruhi permintaan konsumen, namun justru dikeluhkan pedagang. Hal ini dikarenakan mereka harus mengeluarkan modal yang lebih besar untuk kulakan.
Ayu, pedagang daging ayam Pasar gagan, Ngemplak misalnya, mengaku harus siap-siap dana tambahan untuk kulakan. Hal itu dilakukannya mengingat ada potensi kenaikan harga terus berlangsung hingga lebaran nanti.
“Mau bagaimana lagi, soalnya setiap tahun seperti ini. Sebenarnya kalau harga naik pedagang justru lebih berat, karena harus tambah modal sementara keuntungan tetap atau bahkan berkurang karena pembeli surut,” kata dia.
Di sisi konsumen, menurut Yati, warga Boyolali, berharap harga kebutuhan pokok tidak sampai melonjak tinggi. Meski naik, namun dia berharap harga masih terjangkau. Khusus untuk daging ayam, dia berharap harga tidak lebih dari Rp 30.000/kg.
“Bagi ibu rumah tangga seperti saya, daging ayam itu penting. Soalnya mudah dimasak untuk buka atau sahur nanti,” imbuh dia. ()

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top