MENDEKATI LEBARAN, PEMOTONGAN HEWAN DI RPH MENINGKAT

MENDEKATI LEBARAN, PEMOTONGAN HEWAN DI RPH MENINGKAT
Posted in Informasi
Posted on: June 21st, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Permintaan daging menjelang Lebaran mulai meningkat dan berdampak pada peningkatan jumlah pemotongan hewan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Ampel.
Demikian dibenarkan Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali, Juwaris, Rabu (22/6). Menurut Juwaris, dibandingkan dengan hari-hari biasa dengan rata-rata pemotongan 30 ekor sapi per hari, saat ini jumlah pemotongan meningkat mencapai 45-50 ekor sapi setiap harinya.
“Ada peningkatan menjelang lebaran ini dibandingkan hari-hari biasa,” ungkap Juwaris.
Peningkatan ini diperkirakan selain meningkatnya permintaan daging masyarakat, juga lantaran sikap Pemkab Boyolali yang melarang daging impor masuk ke Boyolali lantaran pasokan daging sapi masih mencukupi, utamanya untuk kebutuhan lebaran kali ini.
Sekalipun ada peningkatan cukup signifikan, namun diakui Juwaris, tingkat pemotongan di RPH saat ini masih jauh di bawah kapasitas volume pemotongan. Disebutkan Juwaris, kapasitas pemotongan di RPH mencapai 150 ekor per hari. Kondisi ini terjadi salah satunya lantaran masih banyak pemotongan sapi yang dilakukan jagal di luar RPH.
Terkait ini, pihaknya terus melakukan sosialisasi agar pemotongan sapi dilakukan di RPH. Pemotongan di RPH ditegaskan Juwaris, dijamin kesehatannya karena setiap pemotongan kondisi hewan diperiksa oleh petugas medis dan disertai surat keterangan. Sedangkan untuk pemotongan di luar RPH, Juwaris menegaskan tidak diberikan surat keterangan kesehatan daging.
Sementara itu, peningkatan permintaan daging masyarakat, Juwaris mengatakan pihaknya juga terus mengantisipasi adanya pemotongan hewan betina produktif. Langkah ini dilakukan untuk mengamankan pasokan hewan ternak di Boyolali. (ARB)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top