MENDEKATI IDUL KURBAN, DISNAKAN INTENSIF PEMERIKSAAN HEWAN

MENDEKATI IDUL KURBAN, DISNAKAN INTENSIF PEMERIKSAAN HEWAN
Posted in Informasi
Posted on: July 30th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Mendekati peringatan Hari Raya Kurban, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali intensif melakukan pemeriksaan hewan. Termasuk di antaranya upaya pencegahan preventif penyakit menular seperti antrak dan brucellosis (penyakit keguguran atau keluron pada hewan yang menular ke manusia).
Kabid Kesehatan Hewan Disnakkan Boyolali drh. Afiany Rifdania mengungkapkan, pemeriksaan intensif hewan ternak dilakukan terutama menyambut Idul Kurban. Pemeriksaan ante mortum atau sebelum penyembelihan, dilakukan untuk memastikan kesehatan hewan sebelum dipotong.
“Pemeriksaan kami lakukan dengan melibatkan dokter hewan dan paramedik,” ungkap dia akhir pekan kemarin.
Pemeriksaan jelas dia, dilakukan di antaranya terutama di pos-pos penampungan hewan kurban serta di pasar-pasar hewan. Selain itu pihaknya juga mengoptimalkan lima Puskeswan yang sudah standby. Di sisi lain, masyarakat juga diimbau agar ikut mengawasi kesehatan hewan ternak. Jika ditemukan penyakit pada hewan, masyarakat diminta segera melaporkannya ke petugas untuk segera ditindaklanjuti dengan pengobatan.
“Untuk hewan yang sakit akan diobati dan diberikan vitamin sesuai penyakitnya,” terang dia.
Sementara itu menurut Afiany, pihaknya sampai saat ini terus melakukan upaya preventif pencegahan penyakit hewan menular seperti antrak dan brucelliosis.Antisipasi dilakukan dengan pemberian vaksin terutama pada hewan ternak di wilayah endemis.
Menurut dia, pemberian vaksin dilakukan dua kali dalam setahun. Tahun ini, pemberian vaksin antrak dilakukan pada sebanyak 4.000 ekor hewan ternak dan vaksin brucelliosis pada 2.000 ekor ternak. Untuk vaksinasi antrak, tahun ini sebarannya sudah mulai bisa dikurangi, tinggal di empat wilayah kecamatan yakni Klego, Andong, Simo, dan Ampel.
“Fokus antisipasi terutama di wilayah endemis,” imbuh dia. (AR)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top