MENDEKATI AKHIR RAMADAN, TRANSAKSI PENGADAIAN BOYOLALI NAIK 20 PERSEN

MENDEKATI AKHIR RAMADAN, TRANSAKSI PENGADAIAN BOYOLALI NAIK 20 PERSEN
Posted in Informasi
Posted on: June 14th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Transaksi di Kantor Pegadaian Cabang Boyolali mendekati akhir Ramadan ini, meningkat hingga 20 persen. Peningkatan ini seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat dalam menyambut Lebaran.
Pemimpin Cabang Kantor Pegadaian Boyolali Joko Wiratno mengungkapkan, sesuai dengan pengalaman siklus tahunan, jumlah transaksi mengalami peningkatan menjelang lebaran. Lonjakan transaksi tersebut biasanya terjadi cukup signifikan sepekan menjelang lebaran.
“Kenaikan biasanya hingga 20 persen menjelang lebaran,” ungkap dia kemarin.
Saat ini jelas dia, angka out standing loan (OSL) di Pegadaian Boyolali berikut unit-unitnya mencapai Rp 46 miliar. Jumlah ini meningkat dibandingkan saat Januari kemarin yang mencapai Rp 41 miliar. Menurut Joko, meski peningkatan tersebut fluktuatif setiap bulannya, namun belakangan ini menjelang lebaran, jumlah OSL mengalami peningkatan cukup signifikan.
Uniknya, menjelang lebaran menurut dia, transaksi paling banyak justru tebusan. Hal ini diduga selain nasabah ingin mengenakan perhiasan yang diagunkan, juga dikarenakan biasanya sebelum lebaran mereka mendapat tunjangan hari raya (THR) atau usahanya meningkat karena banyak order, yang sebagian digunakan untuk menebus agunan.
“Biasanya pula, setelah lebaran digadaikan lagi karena butuh uang,” kata Joko.
Joko melanjutkan, peningkatan transaksi ini juga didominasi oleh para pemilik usaha, utamanya mikro-menengah. Mereka ini jelas Joko, difasilitasi kemudahan gadai melalui produk Kreasi, yakni cukup menggadaikan BPKB kendaraan. Selain produk Kreasi, produk Pegadaian lainnya seperti Kredit Cepat Aman (KCA) juga cukup diminati.
“Nasabah bisa langsung membawa uang di hari yang sama saat mengagunkan barang,” ujar Joko.
Terpisah, kemudahan transaksi yang ditawarkan pegadaian cukup menarik minat masyarakat. Puji misalnya, warga Boyolali Kota ini mengaku menjadi nasabah Pegadaian lantaran prosesnya cepat dan mudah.
“Biasanya untuk keperluan mendadak baru ke pegadaian,” imbuh dia. (ARB)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top