MENARA JAGUNG YANG RUSAK KINI DIPERCANTIK

MENARA JAGUNG YANG RUSAK KINI DIPERCANTIK
Posted in Headline
Posted on: April 6th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Setelah mengalami kerusakan karena terpapar cuaca sehingga berjamur, menara jagung yang tercatat dalam rekor di Museum Rekor Indonesia (Muri) yang dibangun dalam rangka Peringatan ke-36 Hari Pangan Sedunia (HPS) 2016 kini direhab. Menara jagung yang memiliki setinggi 15 meter dan diameter 3 meter.telah menjadi ikon di Boyolali sebagai objek swafoto (selfie) bagi masyarakat.

 Sekitar 17 ribu tongkol jagung digunakan untuk merehab menara yang berada di simpang tiga Jalan Jenderal Sudirman dan Boulevard Sukarno ini. Rehab menara ini didanai PT BISI International Tbk dengan biaya Rp 67 juta.

 Menara yang baru ini dipastikan akan lebih awet mengingat akan diberi lapisan pengawet. Antara jagung yang dipasang mendapatkan treatment berupa pengawet kayu dan coating clear. Sehingga jagung tak mudah berjamur karena air hujan tak bisa meresap ke dalam butir jagung.

 Langkah ini dilakukan pelaksana proyek karena menara itu berada di luar ruangan sehingga diterpa cuaca panas maupun hujan yang bisa merusak jagung-jagung tersebut. Selain itu, posisi jagung yang sebelumnya ujungnya di bawah, kini dibalik (ujung di atas) menyesuaikan bentuk menara dengan ujung jagung di bagian atas.

 Sementara untuk bagian kulit jagung yang sebelumnya dibuat dengan kain, yang sekarang dibuat dengan bahan pelat galvalum agar lebih awet dan proporsional bentuknya.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top