MEMBLUDAK, PKL MUSIMAN KAWASAN MERBABU DITATA

MEMBLUDAK, PKL MUSIMAN KAWASAN MERBABU DITATA
Posted in Informasi
Posted on: May 30th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Keberadaan pedagang kaki lima (PKL) musiman selama puasa Ramadhan ini terus dilakukan penataan agar tidak melanggar ketentuan. Penataan terutama pada PKL musiman di Jalan Merbabu, yang keberadaannya sudah menutupi bahu jalan sehingga mengganggu arus lalu lintas sejak awal pekan ini.
Penertiban dilakukan tim gabungan di antaranya yakni Dinas Perhubungan (Dishub), Satpol PP, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Koramil dan Polsek Boyolali Kota. Sejumlah lapak PKL terpaksa harus dipindahkan ke trotoar karena menyalahi ketentuan. Penertiban yang dilakukan petugas tim gabungan tersebut tidak sampai menuai protes maupun perlawanan dari para pedagang. Sebagian pedagang pun memilih memindahkan sendiri lapak-lapak mereka, namun beberapa lapak terpaksa dipindahkan oleh petugas.
Penataan dilakukan lantaran jika sebelumnya para pedagang bebas berjualan, baik di sisi kanan maupun kiri jalan, namun sejak hari pertama puasa Ramadhan, Sabtu (27/5) lalu, diberlakukan peraturan pedagang hanya diperbolehkan berjualan di sisi utara jalan saja. Sementara lajur selatan, digunakan untuk kendaraan melintas.
Kabid Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Satpol PP Boyolali, Eko Dodi Aprianto mengatakan bahwa secara prinsip Pemkab Boyolali tidak melarang pedagang berjualan, khususnya selama bulan Ramadhan. Hanya saja keberadaan mereka perlu dilakukan penataan supaya tidak sampai menutup jalan dan menyebabkan kemacetan.
“Harus ditata karena selama puasa pasti ada peningkatan jumlah PKL musiman yang berjualan,” ungkap dia.
Kabid Pengelolaan dan Pengambangan Pasar Disperindag Boyolali, Tri Harjono  menambahkan, Pemkab Boyolali belum bisa menyediakan lokasi khusus untuk para PKL musiman di kawasan Jalan Merbabu. Solusinya, keberadaan PKL tersebut dilakukan penataan supaya tidak menganggu lalu lintas.
Disebutkannya, saat ini jumlah PKL yang biasa berjualan di Jalan Merbabu dan terdata di Disperindag sekitar 35-40 orang pedagang pada hari biasa. Namun saat puasa Ramdhan, jumlah PKL membludak mencapai tiga kali lipat. Biasanya mereka beroperasi mulai pukul 15.00 WIB hingga malam hari. ()

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top