MEMBANGUN KEMBALI KEGOTONGROYONGAN

MEMBANGUN KEMBALI KEGOTONGROYONGAN
Posted in Informasi
Posted on: May 10th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Usai Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memukul kentongan di Desa Gombang Kecamatan Sawit, Rabu (10/5), kegiatan kerja bakti di Desa setempat dimulai. Aksi tersebut merupakan rangkaian Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XIV dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-45 Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan yang dipusatkan di Kabupaten Boyolali diawali dari Gubernur Ganjar meninjau rehabilitasi RTLH hunian salah satu warga yang sudah mulai rapuh.

 BBGRM diselenggarakan bertujuan untuk menumbuhkembangkan budaya gotong-royong sebagai nilai luhur bangsa Indonesia. Menurut Ganjar, gotong-royong saat ini masih terlihat di perkampungan. Namun keberadaannya terancam terkikis oleh modernisasi sehingga harus dilestarikan.

  “Nah sekarang kita tumbuhkan semuanya agar masyarakat selalu bisa nyangga beban bersama-sama. Jadi terasa enteng. Dan di situ pasti ada relasi sosial antarmanusia, sehingga pasti rukun,” katanya.

 Selain itu Ganjar juga meyakini melalui gotong-royong dapat meningkatkan ketahanan nasional mengingat masyarakat telah terbiasa serta memahami daerah dan lingkungan sekitar.

 “Dari sisi ketahanan nasionalnya pasti baik, dari sisi perasaan pasti lebih toleran karena ada tepa slira,” imbuhnya.

 Dalam kesempatan tersebut, terdapat rangkaian kegiatan lain yakni penanaman pohon dan peletakan batu pertama pembuatan talud sepanjang 150 meter di lahan pertanian desa setempat. Kemudian dilanjutkan memanen udang galah di kolam budidaya milik warga, seremonial serta pembagian hadiah perlombaan dan penyeahana bantuan di lapangan Desa Gombang. Pada setiap aksi kegiatan perjalanan Gubernur didampingi Wakil Bupati Boyolali menggunakan dokar dan andong sebagai moda transportasinya.

 Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Jawa Tengah, Atikoh Ganjar Pranowo didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Boyolali, Desi Adiwarni Said Hidayat juga menyempatkan untuk memeriksa jentik nyamuk di sejumlah rumah warga. Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan dialog dengan warga dan kampanye Keluarga Berencana. Aksi selanjutnya, rombongan membagikan susu di SDN Mungup. Terakhir, rombongan mengunjungi lokasi deteksi dini pencegahan kanker seviks yang digelar di Puskemas Sawit yang dilakukan petugas kesehatan bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top