MASYARAKAT HARUS DILIBATKAN DALAM PEMBANGUNAN

MASYARAKAT HARUS DILIBATKAN DALAM PEMBANGUNAN
Posted in Informasi
Posted on: December 17th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI : Para kepala desa (Kades) diminta tidak hanya sekedar memperhatikan warga desanya, namun harus bisa melibatkannya dalam setiap program pembangunan.
Demikian pesan yang disampaikan tokoh masyarakat Boyolali, Seno Kusumoarjo dalam kegiatan Silaturahmi Warga di Kecamatan Sambi, Sabtu (16/12/2017).
Rangkaian kegiatan yang diselenggarakan Pemkab Boyolali dan Polres setempat di 19 kecamatan itu, juga dihadiri jajaran Forkopimda, kepala OPD, Muspika Sambi, Kades-Kades dan perangkat desa se-Kecamatan Sambi, serta tokoh-tokoh masyarakat setempat.
Dalam kesempatan itu, kakak Bupati Boyolali, Seno Samodro itu, mengingatkan para Kades dan perangkat khususnya terkait peran serta warga dalam pembangunan.
“Warga dulu dengan sekarang berbeda. Kalau dulu diperhatikan tuntutannya sudah cukup, tapi sekarang harus juga dilibatkan. Kalau masyarakat dilibatkan (dalam pembangunan), pasti akan berjalan dengan baik,” pesan Seno.
Para Kades juga diingatkan dengan tegas agar selalu berhati-hati dalam menjalankan Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD). Keuangan desa harus dijalankan dan dikelola dengan baik, salah satunya dengan keterlibatan masyarakat hingga cara pembuatan pertanggungjawaban yang benar.
“Hati-hati dengan DD dan ADD, kelola yang baik. Kalau belum tahu ya tanya, misal cara membuat SPJ,” terang dia.
Seno juga memperingatkan agar Kades maupun perangkat tidak main-main dengan anggaran DD maupun ADD. Menurutnya, jangan sampai ada Kades di Boyolali yang tersangkut kasus penyimpangan DD maupun ADD, karena konsekuensi hukum yang sangat tegas.


Tak hanya mengingatkan para Kades, Seno juga mengingatkan para camat agar bisa membina hubungan yang baik dengan para Kades. Menurut Seno, para camat harus bisa memberikan tuntunan bagi Kades dan jajaran perangkat desa. Para camat diminta tidak menempatkan hubungan antara camat dengan Kades sebagai atasan-bawahan, melainkan sebagai hubungan pertemanan dalam sebuah teamwork yang baik guna memuwudkan pembangunan di desa. (ARB)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top