MASYARAKAT DIIMBAU WASPADAI PEREDARAN UPAL

MASYARAKAT DIIMBAU WASPADAI PEREDARAN UPAL
Posted in Informasi
Posted on: June 20th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI : Tingginya transaksi peredaran uang selama Lebaran, masyarakat diminta untuk mewaspadai peredaran uang palsu (Upal).
Imbauan ini disampaikan Kapolres Boyolali, AKBP Aries Andhi, pekan kemarin. Kapolres mengatakan, selama puasa dan lebaran peredaran uang di masyarakat sangat tinggi terutama untuk transaksi kebutuhan lebaran. Di sisi lain, sudah banyak informasi peredaran Upal di masyarakat yang dilakukan oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab, yang memanfaatkan momentum tingginya arus perputaran uang saat ini.
Dijelaskan Kapolres, modus yang sering digunakan pelaku peredaran Upal biasanya melalui transaksi perdagangan. Terkait ini, selain masyarakat harus bisa memahami ciri-ciri dasar untuk membedakan uang asli dengan Upal, juga harus memahami modus yang bisa digunakan pelaku. Salah satu modus menurut Kapolres, pelaku biasanya membelanjakan Upal untuk mendapatkan kembalian uang asli.
“Masyarakat agar waspada, khususnya pedagang agar bisa mengenali modus-modus peredaran Upal. Biasanya yang dikumpulkan pelaku itu uang asli sisa hasil belanja dengan Upal,” ungkap Kapolres.
Selain itu, pelaku pengedar Upal biasanya juga seringkali dilakukan orang yang sama yang melakukan transaksaksi berulang kali dengan menggunakan nominal uang yang sama, semisal uang pecahan Rp 50.000 semua.
Kapolres melanjutkan, jika masyarakat menjumpai atau mencurigai adanya peredaran Upal, agar segera melapor ke petugas kepolisian. Kapolres menegaskan, laporan tersebut akan segera ditindaklanjuti agar tidak ada korban masyarakat akibat peredaran Upal. (ARB)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top