MANFAATKAN PROYEK JALAN TOL UNTUK MENJEMUR LAOS

MANFAATKAN PROYEK JALAN TOL UNTUK MENJEMUR LAOS
Posted in Informasi
Posted on: September 4th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI – Hasil panen lengkuas (laos) musim ini yang berlimpah membutuhkan sarana tempat lapang untuk mengolahnya. Panen jenis tanaman obat tradisional dari wilayah lain dibawa ke Boyolali untuk dijemur. Bahkan karena banyaknya hasil panen, warga memanfaatkan jalan tol Solo-Semarang yang berada di Desa Denggungan Banyudono untuk menjemurnya setelah dirajang terlebih dahulu. Salah satu warga yang ditemui, Sunardi yang memanfaatkan proyek jalan bebas hambatan yang masih dalam proses pengerjaan tersebut.
Telah lebih dari sepekan Ia sudah beraktifitas menjemur hasil panen yang diperoleh dari wilayah Kudus tersebut. Warga Sambi tersebut menyatakan sudah mendapat ijin dari pelaksana proyek.
“Sudah mendapat ijin dengan petugas proyek tol, tapi harus siap pindah jika area digunakan,” terang Sunardi pada Senin (4/9) siang.
Di bawah terik panas menyengat warga Sambi tersebut memilih tempat menjemur di lokasi proyek tol karena memanfaatkan area yang luas. Selain itu Ia memastikan tidak ada yang mengganggu dan dijamin aman. Namun harus bersedia pindah jika ada pengerjaan proyek jalan di lokasi tersebut.
“Sempat disuruh pindah tempat atau geser karena ada pengerjaan talut,” imbuhnya.
Panen sebanyak lima ton dapat kering dalam waktu lima hari. Sementara jika dijemur di rumahnya butuh waktu sepekan lebih. Laos dalam jumlah banyak tersebut akan disetorkan kembali kepada pengepul di Kudus untuk dijadikan bahan bumbu masakan, obat dan lainnya. (mjk/dst)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top