LOMBA TEKNOLOGI TEPAT GUNA DORONG INOVASI TEKNOLOGI DI BOYOLALI

LOMBA TEKNOLOGI TEPAT GUNA DORONG INOVASI TEKNOLOGI DI BOYOLALI
Posted in Informasi
Posted on: May 17th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Sebanyak 23 perwakilan sekolah tingkat SMA di Boyolali, unjuk kebolehan dalam menciptakan teknologi tepat guna (TTG) yang diselenggarakan Pemkab Boyolali melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes), Rabu (17/5).
Berbagai macam TTG hasil karya para pelajar tersebut hasilnya tidak mengecewakan dan mampu memberikan manfaat yang berguna bagi masyarakat. Sehingga Pemkab Boyolali akan mengembangkan hasil dari lomba TTG tersebut.
Sejumlah karya TTG yang ditampilkan para pelajar tersebut antara lain penjernih air dari daun pepaya dan daun pisang, pengolahan sampah, pengusir hama tikus, dan lain sebagainya. Salah satu karya TTG yang cukup mencuri perhatian yakni obat pencegah diabetes maupun TTG untuk menjaga rumah.
Kepala Dispermasdes, Purwanto mengungkapkan, kegiatan lomba TTG ini diselenggarakan untuk memupuk kreatifitas para pelajar Boyolali untuk menciptakan teknologi yang bermanfaat tepat guna bagi masyarakat.
Misalnya saja menurut Purwanto, teknologi pengurai sampah yang ditunjukkan salah satu wakil sekolah, bisa jadi dapat dikembangkan menjadi solusi pengurangan sampah, terutama dari tingkat sampah rumah tangga.
“Bukti bahwa pelajar kita memiliki kreatifitas tinggi. Teknologi pengurai sampah misalnya, bisa dikembangkan untuk mengurangi sampah rumah tangga,” jelas Purwanto.
Terkait hasil karya TTG para pelajar ini, Purwanto mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya supaya bisa ikut mendorong pengembangan karya pelajar Boyolali tersebut.
Sementara itu Wakil Bupati (Wabup) Boyolali, M Said Hidayat, juga memberikan perhatian dengan melihat langsung hasil karya TTG para pelajar Boyolali tersebut. Wabup menyatakan sangat mengapresiasi dan mendukung karya TTG para siswa. Bahkan pihaknya menyatakan juara lomba TTG ini akan diikutkan dalam kejuaraan TTG tingkat nasional.
Di sisi lain, bentuk dukungan lainnya, pihaknya akan melakukan kajian hasil karya TTG para siswa. Sehingga TTG tersebut, jika dimungkinkan akan dikembangkan supaya bisa memberikan manfaat langsung ke masyarakat.
“TTG yang dikembangkan para siswa ini sangat kreatif, jika dikembangkan akan bermanfaat bagi masyarakat,” jelas dia.
Sementara itu menurut salah satu peserta, M Fadli, mengaku bangga bisa menampilkan karya TTG-nya mewakili SMK BK Simo dalam ajang lomba tersebut. Menurut dia, lomba ini sangat penting karena selain meningkatkan semangat belajar, juga diharapkan memberikan manfaat kepada masyarakat.
“Senang kalau karya kami bisa bermanfaat bagi masyarakat,” tutur dia. ()

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top