LIBURAN PANJANG AKHIR TAHUN, HOMESTAY SELO PANEN

LIBURAN PANJANG AKHIR TAHUN, HOMESTAY SELO PANEN
Posted in Informasi
Posted on: January 12th, 2018 Oleh Administrator

BOYOLALI – Liburan panjang Natal dan Tahun Baru 2018 lalu membawa berkah bagi pengelola homestay di wilayah Kecamatan Selo; Kabupaten Boyolali. Dampak positif tersebut dinikmati pengelola homestay di kawasan wisata Selo, termasuk juga 20 homestay di bawah naungan Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera yang berada di lereng Gunung Merapi dan Merbabu ini. Kenaikan secara signifikan hingga 200 persen tersebut disampaikan Ketua Koperasi, Tiyono di Warung Damandiri yang juga dikelola bersama warga untuk mendukung homestay, Jumat (12/1).

“Kalau dirata-rata dalam tiga hari bisa hanya ada satu tamu, namun di liburan Natal dan Tahun Baru naik hingga 200 persen bahkan hingga menolak tamu,” terangnya.

Sembari menikmati hawa sejuk khas pegunungan dan menikmati kopi khas Selo, Tiyono menambahkan homestay mulai beroperasi sejak Januari 2017 setelah dibangun sejak Oktober 2016 lalu melalui suntikan modal dari Damandiri beserta PT Sentra Modal Harmoni (SMH). Homestay sejumlah 20 yang dilelola koperasi ini memanfaatkan rumah warga dengan membangun kamar-kamar dan fasilitas kelengkapan lainnya yang langsung dikelola pemilik rumah dikunjungi tamu dari berbagai daerah.

“Tamu kebanyakan berasal luar Boyolali seperti Yogyakarta, Solo, Jakarta, Semarang, Surabaya, Palangkaraya, dan Cirebon dengan tarif per kamar/malam mulai Rp 100 ribu,” imbuhnya.

Keberadaan homestay ini, bagi warga sangat membantu terutama untuk menyangga peerkonomian warag masyarakat. Selain menjadi salah satu penyangga destinasi wisata Gunung Merapi dan Merbabu sekaligus sebagai pemberdayaan masyarakat dan peningkatan perekonomian warga.

“Sebagian besar tamu memang yang ingin menikmati wisata Gunung Merapi dan Merbabu kini mulai singgah dari yang semua hanya lewat saja,” terang Tiyono.

 

Dalam mendukung homestay, pihaknya juga membuat warung yang dikelola seperti café yang bisa digunakan untuk pertemuan. Warung ini menyediakan hidangan khas Selo dengan menyajikan pemandangan yang menawan berlatar Gunung Merapi. Sementara itu juga dibuat paket wisata yang diharapkan mampu menggaet wisatawan bisa betah ketika berkunjung di Selo.

 

“Kami buat paket wisata pendukung seperti outbond, keliling Desa wisata, hiburan kesenian tradisoional dan kuliner khas Selo,” tambahnya.

Setiap akhir pekan warung yang berada di Dukuh Jarakan, Samiran ini tak pernah sepi dengan wisatawan baik lokal maupun luar negeri.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top