LIBURAN LEBARAN, MERAPI DISERBU PENDAKI

LIBURAN LEBARAN, MERAPI DISERBU PENDAKI
Posted in Informasi
Posted on: July 5th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Libur panjang Lebaran, jalur pendakian Gunung Merapi di Boyolali diserbu pendaki. Jumlah pendaki yang naik ke Merapi pun meningkat tajam dibandingkan hari biasa.
Jalur pendakian Gunung Merapi yakni melalui pintu masuk Dukuh Plalangan, Desa Lencoh, Kecamatan Selo. Peningkatan jumlah pendaki di antaranya tercatat di basecamp  Barameru. Menurut salah satu petugas Barameru, peningkatan pendakian terjadi sejak H+2 lebaran kemarin. Bahkan setiap harinya, jumlah pendaki yang mendaftar mencapai 200-an orang.
“Sehari kemarin bahkan mencapai 500 orang lebih,” ungkap dia.
Ratusan pendaki tersebut, selain berasal dari lokal Soloraya, juga datang dari berbagai daerah seperti Surabaya, Bandung, Bogor, Jakarta, hingga Nabire Papua. Selain itu juga terdapat beberapa pendaki asing yang datang naik ke Merapi.
Untuk pendaki lokal, banyak di antaranya yang membawa kendaraan sendiri dan dititipkan di halaman penduduk sekitar. Padatnya jalur pendakian bahkan terlihat dari aktivitas pendaki yang turun dan naik. Kebanyakan pendaki mulai mendaki sore hari dan turun di pagi hari selanjutnya.
Mengantisipasi penumpukan sampah di sepanjang jalur pendakian, sejumlah pendaki pun turun sembari membawa tas plastik berisi sampah, mulai dari plastik kemasan hingga botol minuman. Sampah-sampah tersebut dibawa turun ke bawah dan dibuang ke tempat sampah sementara yang sudah disediakan oleh Balai Taman Nasional Gunung Merapi.
“Soalnya kalau tidak dibawa turun kan kotor jadinya,” kata Ubai, salah satu pendaki dari Bogor.
Kesadaran untuk membawa turun sampah pendaki tersebut tidak lepas dari imbauan petugas. Menurut Badri, pihaknya sejak awal terus mengingatkan pendaki agar turut menjaga kebersihan di Gunung Merapi.
“Jangan buang sampah sembarangan, tetapi dibawa turun dan dibuang di tempat yang sudah disediakan supaya tidak kotor di atas,” imbuh dia. (ARB)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top