LHE AKIP BOYOLALI RAIH NILAI CC

LHE AKIP BOYOLALI RAIH NILAI CC
Posted in Informasi
Posted on: February 7th, 2017 Oleh Administrator

YOGYAKARTA Р Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali yang diwakili Sekretaris Daerah, Sri Ardiningsih menerima Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) tahun 2016 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Republik Indonesia di Jogja Expo Center, Yogyakarta, Senin (6/2). Hasil yang diraih Pemkab Boyolali kali ini dengan nilai 56,46 atau kategori CC atau meningkat dibandingkan tahun sebelumnya dengan nilai 54,44.

LHE AKIP tahun 2016 ini diserahkan Menteri PANRB, Asman Abnur kepada 156 Pemerintah Kabupaten/Kota Wilayah Regional III di wilayah Regional III yang meliputi Provinsi se-Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Menteri PANRB, Asman Abnur meminta keseriusan dan komitmen Bupati, Walikota dan Sekretaris Daerah untuk mendorong percepatan implementasi reformasi birokrasi. Kepala Daerah diharapkan memberikan perhatian untuk terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik dan sekaligus berorientasi hasil. Untuk Kabupaten/Kota, terdapat dua daerah yang mendapatkan predikat A dan berhasil dalam pengimplementasian SAKIP di tahun 2016, yakni Kota Bandung dan Kabupaten Banyuwangi. Asman berharap keberhasilan dua daerah tersebut dapat diikuti oleh Kabupaten/Kota di Indonesia terutama di Wilayah Regional III.

“Saya berharap keberhasilan dua daerah tersebut dapat diikuti oleh Kabupaten/Kota di Indonesia terutama di Wilayah Regional III. Saya sarankan segera lakukan replikasi ke instansi pemerintah lain yang sudah lebih baik penerapan SAKIPnya,” kata Asman.

Menteri Asman juga mengapresiasi capaian yang telah didapat oleh Pemerintah Kabupaten/Kota dengan predikat baik hingga sangat baik. Keberhasilan dalam implementasi SAKIP tersebut sangat berdampak pada efisiensi dalam penggunaan anggaran. SAKIP yang selama ini dianggap sebagai kumpulan dokumen semata ternyata mempengaruhi efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran.

Data hasil evaluasi AKIP yang dilakukan Kementerian PANRB pada tahun 2016 menunjukkan peningkatan rata-rata nilai evaluasi pada kabupaten/kota dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun 2016 rata-rata nilai evaluasi AKIP kabupaten/kota adalah 49,87 atau meningkat 2,95 poin dari tahun 2015 yang hanya 46,92.

Walaupun terjadi peningkatan, namun rata-rata kabupaten/kota pada tahun 2016 masih di bawah 50, yang artinya masih berada pada kategori C. Sebanyak 425 kabupaten/kota atau 83% dari total seluruh kabupaten/kota masih mendapat nilai di bawah B.

Dalam acara ini, juga dilakukan sharing session dari daerah yang telah telah berhasil dalam penerapan SAKIP yakni Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top