LAGI, BUPATI SENO SAMODRO PERSEMBAHKAN PENGHARGAAN BAGI BOYOLALI

LAGI, BUPATI SENO SAMODRO PERSEMBAHKAN PENGHARGAAN BAGI BOYOLALI
Posted in Informasi
Posted on: November 11th, 2017 Oleh Administrator
JAKARTA – Setelah melalui riset dan penjurian ketat oleh tim independen bagi 34 Provinsi, 416 Kabupaten dan 99 Kota di Indonesia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali berhasil meraih penghargaan sebagai Pemerintah Daerah dengan kinerja dan Tata Kelola Baik dalam acara Anugerah Pandu Negeri (APN) 2017. Penghargaan itu diserahkan oleh mantan Wakil Presiden, Boediono kepada Bupati Boyolali, Seno Samodro dalam acara APN 2017, Jumat (10/11) di Graha CIMB Niaga, Jakarta. Apresiasi tersebut digagas oleh Yayasan Tata Kelola Pengembangan Indonesia melalui Indonesian Institute for Public Governance (IIPG) bekerjasama dengan TEMPO.
Tambahan penghargaan yang dipersembahkan untuk masyarakat Boyolali tersebut diberikan bagi pemerintah Daerah (Pemda) yang memiliki kinerja dan tata kelola terbaik serta pemimpin inovatif. Hal lain yakni keberhasilan Pemda melakukan terobosan dalam peningkatan pertumbuhan sosio-ekonomi melalui reformasi tata kelola.
Ketua Umum IIPG, Sigit Pramono mengatakan apresiasi ini diperuntukkan bagi Pemda yang memiliki kinerja baik.
“Memberikan apresiasi kepada kepala daerah dan daerah-daerah yang kinerja pembangunannya bagus,” terang Sigit.
Selain itu, terang Sigit, pihaknya juga melihat dari aspek tata kelola pemerintahan yang baik. Penghargaan yang disampaikan setelah melalui sejumlah aspek penilaian.
“Penilaian meliputi tata kelola keuangan, tata kelola pemerintahan, kinerja pembangunan manusia, kinerja ekonomi, inovasi strategik dan pemimpin yang inovatif,” imbuhnya.
Beberapa aspek yang menjadikan Boyolali sebagai salah satu dari 33 Provinsi/Kabupaten/Kota diantaranya tata kelola keuangan dengan predikat WTP dan penyusunan APBD tepat waktu.
Hal lain yakni adanya pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi dalam tiga tahun terakhir. Poin lain yang juga penting adanya tata kelola pemerintahan dengan rata-rata AKIP selama tiga tahun dengan tren meningkat. Kemudian ada aspek lain yakni aspek strategis dengan adanya terobosan maupun inovasi dan bebas dari kasus hukum serta korupsi.
Dengan diraihnya penghargaan ini, Bupati Seno berharap dapat memotivasi para kepala daerah lain di Indonesia.
“Harapan saya dapat memotivasi Bupati, Walikota maupun Gubernur untuk berkinerja lebih baik. Saya apresiasi karena idenya berasal dari orang-orang terkenal dan profesional”, terangnya.
Selain agenda malam apresiasi penghargaan digelar juga diskusi dengan narasumber diantaranya Menteri Dalam Negeri; Tjahjo Kumolo dan Bupati Kulon Progo; Hasto Wardoyo. (Tim Liputan Diskominfo)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top