KPU IDENTIFIKASI 14 PRAPOL DI BOYOLALI

KPU IDENTIFIKASI 14 PRAPOL DI BOYOLALI
Posted in Informasi
Posted on: October 11th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI : KPUD Boyolali mengidentifikasi sebanyak 14 partai politik (Parpol) di Boyolali sesuai sistem informasi Parpol (Sipol). Namun sejauh ini baru dua Parpol yang menyerahkan dokumen pendaftaran calon Parpol peserta Pemilu 2019 di KPUD Boyolali, yakni PDIP dan Perindo, Rabu (11/10/2017).

Komisioner KPUD Boyolali Bidang Hukum dan Pengawasan, Ali Fachrudin mengungkapkan, total sebanyak 14 Parpol yang teridentifikasi di Boyolali sesuai dengan Sipol. Namun yang sudah terkoneksi dengan KPUD baru 13 Parpol. Satu Parpol yang belum terkoneksi yakni Partai Garuda.

“Untuk Partai Garuda masuk dalam Sipol, namun belum terdaftar di Kesbangpol,” ungkap Ali.

KPUD Boyolali membuka tiga helpdesk untuk melayani pendaftaran Parpol sejak 3 Oktober hingga 16 Oktober mendatang. Sejauh ini menurut Ali, baru Partai Perindo dan PDIP yang menyerahkan dokumen persyaratan. Namun dokumen Perindo dikembalikan KPUD kepada partai menyusul adanya ketidakcocokan domumen yang diserahkan tersebut dengan Sipol. Pengembalian tersebut segera direspon dan diperbaiki kemudian diserahkan kembali ke KPUD.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Boyolali, Paryanto di sela-sela penyerahan dokumen, optimis PDIP akan meraih 30 kursi legislatif Boyolali pada Pileg 2019 mendatang. Optimisme tersebut berkaca dari perolehan kursi DPRD saat ini, yakni 25 kursi dari 45 kursi dewan. Guna mencapai target tersebut, termasuk target pemenangan Pemilu tingkat Provinsi Jawa Tengah maupun nasional, pihaknya terus melakukan konsolidasi internal dan sejumlah persiapan lainnya.

Terkait pendaftaran Parpol calon peserta Pemilu, anggota Panwaslu Boyolali, Rubiyanto mengatakan perlunya keterbukaan selama proses pendaftaran. Parpol lanjut dia bisa berkonsultasi dengan KPUD agar tidak kesulitan dalam melakukan pendfataran.

Selain itu, pihaknya juga meminta masyarakat untuk ikut mengawasi proses pendaftaran. Sesuai ketentuan, salah satu dokumen persyaratan sebagai peserta pemilu adalah bukti keanggotaan parpol paling sedikit 1.000 orang atau 1/1.000 dari jumlah penduduk pada setiap kabupaten/kota dibuktikan dengan menyerahkan salinan kartu tanda anggota (KTA) parpol dan KTP atau surat keterangan.

“Untuk Boyolali dengan jumlah penduduk sebanyak 989.776 orang, maka keanggotaan parpol peserta pemilu 2019 Boyolali setidaknya 989 orang,” kata dia.

Hal lain yang perlu diperhatikan, mengingat terbatasnya waktu pendaftaran, maka pihaknya mengimbau Parpol agar memperhatikan dan memanfaatkan dengan optimal. Hari terakhir pendaftaran yakni tanggal 16 Oktober hingga pukul 24.00 WIB. (ARB)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top