KOWIM RESMI DI-LAUNCHING

KOWIM RESMI DI-LAUNCHING
Posted in Pengumuman
Posted on: April 18th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Sebanyak 70 pelaku UMKM yang tergabung dalam Komunitas Wirausaha Mikro (Kowim) Boyolali, melangsungkan pameran produk di Pendapa Gedhe Pemkab Boyolali, Selasa (18/4). Pameran tersebut sekaligus launching Kowim, sebagai salah satu upaya mendorong perkembangan UMKM di Boyolali.
Menurut Ketua Kowim Boyolali, Toyo, sebenarnya selama ini sudah ada paguyuban pelaku UMKM dan sudah berjalan cukup lama. Anggotanya, antara lain UMKM yang bergerak di sejumlah bidang makanan olahan, konveksi maupun kerajinan.
“Paguyuban yang sudah ada ini yang kami launching dengan dukungan jajaran terkait. Kami berharap ke depan UMKM di Boyolali akan semakin berkembang,” terang Toyo.
Dengan terbentuknya Kowim ini, menurut Toyo UMKM Boyolali optimis bisa terus berkembang. Apalagi masing-masing pelaku UMKM sudah memiliki pangsa pasar tersendiri. Sekalipun di tengah keterbatasan permodalan, UMKM di Boyolali mampu eksis melayani konsumen.
Keberadaan Kowim ini menurut Toyo disambut positif pelaku UMKM, terbukti banyak muncul pertanyaan dari para pengusaha UMKM yang kemudian menyatakan minat untuk bergabung. Sehingga jumlah pelaku UMKM yang bergabung dimungkinkan akan terus bertambah. Ke depan, keberadaan Kowim diharapkan akan semakin bermanfaat dalam pengembangan UMKM di Boyolali.
Sementara itu terkait berbagai persoalan yang dihadapi pelaku UMKM, di antaranya yakni persoalan modal dan perizinan. Khusus untuk perizinan, menurut Toyo sejauh ini kesulitan para pelaku UMKM juga yaitu dalam mengajukan perizinan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk produk makanan olahan. Hal ini dikarenakan perizinan tersebut harus disampaikan ke pusat.Terkait ini, pihaknya terus berupaya melakukan pendampingan.
“Syukurlah, dari beberapa yang kami damping sudah berhasil mendapat izin BPOM,” jelas dia.
Terpisah, Kepala Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja (Dinkopnaker) Boyolali, Agus Partono mengatakan pihaknya menyambut positif terbentuknya Kowim Boyolali. Hal itu sejalan dengan upaya Pemkab Boyolali dalam memajukan UMKM.
“Termasuk upaya kami mengirimkan UMKM terbaik di Boyolali untuk pameran ke Moskow Agustus nanti,” imbuh dia.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top