KODIM DAN SMAN 1 BOYOLALI BUAT RATUSAN BIOPORI

KODIM DAN SMAN 1 BOYOLALI BUAT RATUSAN BIOPORI
Posted in Informasi
Posted on: June 14th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Jajaran Kodim Boyolali bersama guru dan siswa SMAN 1 Boyolali, menggelar bakti sosial membuat ratusan biopori di lingkungan sekolah setempat, Rabu (14/6).
Pembuatan biopori ini dilakukan dengan cara membuat lubang sedalam 80 sentimeter menggunakan bor. Kemudian, lubang tersebut dimasukkan pipa paralon ukuran tiga dim. Selanjutnya, bagian atas pipa paralon tersebut diberi tutup yang sudah diberi lubang. Pembuatan biopori ini dimaksudkan agar dapat menampung dan menyimpan air hujan.
“Dengan adanya biopori ini, air hujan akan tersimpan di tanah. Melalui lubang-lubang ini, menjadi tempat masuknya air hujan ke dalam tanah,” ungkap Kasdim Boyolali, Mayor (Inf) Kuncoro Dewo.
Dijelaskan Kuncoro, pihaknya terus berupaya memfasilitasi gerakan pelestarian lingkungan hidup, khususnya kelestarian sumber air dengan pembuatan biopori. Bahkan pihaknya menargetkan pembuatan 2 juta biopori sepanjang 2017 ini. Untuk mewujudkan target tersebut, pihaknya bekerjasama dengan sekolah-sekolah. Selain itu, berbagai kantor instansi pun juga digandeng, baik instansi negeri maupun swasta.
Pihaknya berharap, dengan gerakan ini dapat lebih memasyarakatkan pembuatan biopori kepada masyarakat Boyolali. Apalagi untuk pembuatan biopori ini cukup mudah dan tidak memakan tempat, sehingga bisa dikerjakan di mana saja. Di sisi lain, manfaat biopori sangat besar, selain mampu menahan air di dalam tanah, juga mampu mengantisipasi terjadinya bencana, khususnya banjir dan tanah longsor.
Terpisah, kegiatan pembuatan biopori ini disambut positif Kepala Dinas Lingkungan Hidp (DLH) Boyolali, Totok Eko YP. Bahkan menurut Totok, kegiatan ini bisa menjadi percontohan, baik bagi sekolah maupun masyarakat umum.
“SMAN 1 Boyolali merupakan sekolah Adiwiyata tingkat nasional, sehingga kegiatan ini bisa menjadi percontohan yang bermanfaat. Harapan kami ke depan seluruh sekolah, kantor, maupun lingkungan perumahan dapat dilengkapi dengan biopori untuk kelestarian lingkungan dan mencegah bencana,” imbuh dia. (ARB)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top