KERAJINAN TEMBAGA TUMANG RAMBAH DUNIA

KERAJINAN TEMBAGA TUMANG RAMBAH DUNIA
Posted in Headline
Posted on: January 24th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Ketika melintasi jalur menuju kawasan wisata pegunungan Merapi dan Merbabu yang masuk wilayah Kabupaten Boyolali, tepatnya di jalan Solo-Selo-Borobudur (SSB) terdapat petunjuk arah menuju sentra industri tembaga dan kuningan. Nama daerah itu adalah Dusun Tumang yang masuk wilayah Desa/Kecamatan Cepogo di Kabupaten Boyolali dengan hasil industri yang telah mendunia karena berorientasi ekspor. Di kawasan lereng pegunungan dengan hawa sejuk ini ribuan warganya merupakan para perajin tembaga dan kuningan yang handal sejak jaman kerajaan Mataram.
Berbagai macam produk bisa dibuat dengan bahan baku tembaga dan kuningan dengan harga dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Di dusun itu, para pengunjung bisa melihat secara langsung proses pembuatan kerajinan dan mengunjungi galeri tempat memamerkan hasil kreatifitas perajin setempat.

Pada dasarnya, kerajinan yang dibuat menampilkan berbagai motif dan tema. Sehingga kerajinan ini dapat digunakan sebagai ornamen untuk memperindah suatu ruangan. Produk Tumang ini telah menghiasi berbagai tempat publik seperti bandara, hotel, tempat ibadah dan lain-lain dan tidak hanya sekedar produk hiasan rumah saja seperti lampu hias, vas bunga, kaligrafi dan hiasan dinding, namun perajin mampu membuat aneka produk sesuai pesanan. Seiring kemajuan jaman, kerajinan di Desa Tumang mengalami perkembangan dengan sentuhan kreativitas menjadi barang seni kerajinan yang bermutu tinggi.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top