KEPING SIM HABIS, MASYARAKAT SEMENTARA GUNAKAN RESI PENGGANTI

Posted in Informasi
Posted on: July 21st, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Tak hanya blanko keping e-KTP yang habis, material kepingan surat izin mengemudi (SIM) di Satlantas Polres Boyolali sejak sepekan terakhir juga habis. Imbasnya, pemohon SIM diberikan surat keterangan pengganti atau resi bukti tanda kepemilikan SIM untuk sementara waktu.
Sampai saat ini sudah ada 500-an pemohon SIM yang terpaksa menggunakan surat keterangan pengganti. Surat atau resi tersebut bisa digantikan dengan keping SIM asli setelah material SIM sudah ada.
Habisnya material keping SIM tersebut terhitung sejak Senin hingga Jumat (17-21/7) ini, stok material keping SIM habis. Menurut Kasatlantas Polres Boyolali, AKP Marlin Supu Payu, kondisi ini tidak hanya terjadi di Boyolali saja, melainkan secara nasional seluruh Indonesia. Sebagai antisipasi, menurut Kasatlantas pemohon sementara ini diberikan surat keterangan pengganti SIM.
“Tidak hanya di Boyolali, tetapi juga terjadi di seluruh Indonesia,” ungkap Kasatlantas.
Diungkapkan Kasatlantas, pemohon yang dinyatakan lulus ujian SIM baru maupun pemohon perpanjangan SIM bisa menggunakan surat keterangan tersebut dan berlaku sama laiknya keping SIM biasa. Berkaitan ini, pihaknya menekankan pada jajarannya untuk tidak mempermasalahkan resi pengganti SIM tersebut sewaktu gelaran razia kendaraan.
Resi tersebut diakui Kasatlantas tidak diberikan jangka waktu. Salah satu alasannya karena diperkirakan habisnya stok keping SIM ini akan berlangsung cukup lama. Paling cepat lanjut dia, keping SIM baru akan dikirimkan satu bulan mendatang. Nantinya, setelah keping SIM ada, resi sementara tersebut bisa digantikan dengan mencetak keping SIM di Satlantas.
Mengenai kondisi ini, pihaknya meminta agar masyarakat memaklumi, mengingat material SIM tersebut dari pusat dan harus melalui proses lelang untuk pencetakan kepingan SIM itu.
Sementara itu menurut Baur SIM, Satlantas Polres Boyolali, Aiptu Suwarjo. Menurut dia, rata-rata masyarakat yang mengajukan permohonan SIM setiap harinya berkisar 50-100 orang.
“ Paling banyak permohonan perpanjangan SIM, sedangkan untuk pemohon baru terhitung sedikit,” jelas dia. (AR)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top