KAWAL DANA DESA, PEMKAB BOYOLALI GANDENG POLRES

KAWAL DANA DESA, PEMKAB BOYOLALI GANDENG POLRES
Posted in Informasi
Posted on: October 31st, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali dan Polres Boyolali melakukan penandatanganan nota kesepahaman dalam rangka pencegahan, pengawasan dan penanganan permasalahan dana desa. Penandatanganan dilakukan antara Bupati Boyolali yang diwakili oelh Wakil Bupati (Wabup) Boyolali, M. Said Hidayat dengan Kapolres AKBP Aries Andhi, di Ruang Merbabu Kantor Bupati Boyolali, Selasa (31/10).
Wabup menjelaskan, sinergitas yang baik antara Pemkab Boyolali dan Polres Boyolali dalam mengawal pengelolaan Dana Desa diharapkan mampu memacu efektifitas tata kelola anggaran desa sehingga mampu mempercepat pembangunan sekaligus memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat.
“Dalam pengelolaan anggaran, masing-masing desa diupayakan untuk membuat perencanaan dan pengelolaan yang baik agar anggaran yang tersedia bisa optimal dan maksimal untuk mensejahteraan masyarakat,” ungkap Wabup.
Sementara itu, Kapolres Boyolali, AKBP Aries Andhi menjelaskan bahwa kepolisian telah berperan serta dalam pengawalan Dana Desa dikelola perangkat desa. Melalui dana desa ini pula diharapkan mampu memberikan distribusi infranstruktur yang nyata dalam kaitannya dengan percepatan pembangunan desa yang tepat sasaran.
“Langkah pertama Polri salah satunya mengimbau perangkat desa untuk membuat informasi grafis terkait penerimaan Dana Desa yang kemudian dilakukan pengawasan kontrol terhadap program yang dicanangkan,” jelas Kapolres.
Ditambahkan, langkah melihat tingkat serapan capaian yang menurut data Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Kabupaten Boyolali telah mencapai 70 persen, bahkan sudah ada yang selesai 100 persen, dengan adanya dana desa ini bisa mempercepat membangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pengelolaan dana desa ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan peran masyarakat dalam pembangunan desa.
“Bila nanti ditemukan indikasi penyimpangan, Polri akan melakukan koordinasi dengan inspektorat, untuk melakukan pengecekan ke kepala desa,” pungkas Kapolres. (epn/bet)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top