Kartu Tani, 60 Persen Data Petani Boyolali Sudah Masuk Database

Kartu Tani, 60 Persen Data Petani Boyolali Sudah Masuk Database
Posted in Informasi
Posted on: July 5th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Proses entry data program Kartu Tani di Boyolali sejauh ini sudah mencapai 60 persen. Program Kartu Tani tersebut nantinya digunakan salah satunya untuk akses distribusi pupuk bersubsidi.
Pendataan di Dinas Pertanian dan Perkebunan (Dipertanbun) Boyolali hingga akhir Juni kemarin, sekitar 53.315 data petani yang sudah masuk dalam server Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) untuk dibuatkan Kartu Tani. Dari jumlah petani yang sudah entry data tersebut, mencakup luasan lahan pertanian seluas 23.400 hektare baik lahan kering maupun irigasi teknis di Boyolali.
Kepala Dispertanian Boyolali, Bambang Jiyanto, mengungkapkan sampai saat ini petugas terus melakukan pendataan untuk program Kartu Tani tersebut. Dijelaskan Bambang, program yang digulirkan Pemprov Jateng tersebut, ditujukan untuk mengontrol distribusi pupuk bersubsidi di wilayah Jateng.
“Pendataan sudah mencapai 80 persen lebih petani di Boyolali, 60 persen di antaranya sudah masuk ke server,” terang Bambang.
Dengan Kartu Tani ini jelas Bambang, sesuai dengan validasi database petani yakni sesuai dengan nama maupun alamat yang bersangkutan. Dengan langkah ini maka distrubusi pupuk bersubsidi akan lebih tepat sasaran dan kepastian ketersediaan pupuk bersubsidi.
Dengan Kartu Tani ini, proses pengusulan kuota pupuk, alokasi, dan pembelian akan menggunakan kartu tersebut dan dapat dimonitor secara online oleh pemerintah. Sedangkan bagi petani yang belum terdaftar dalam sistem Kartu Tani, nantinya dapat diusulkan melalui usulan perubahan kuota pupuk. Mereka menurut Bambang masih bisa mendapatkan pupuk bersubsidi melalui usulan perubahan. (ARB)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top