JOKOWI DIWACANAKAN LUNCURKAN  PROGRAM PERHUTANAN SOSIAL DI KLEGO

JOKOWI DIWACANAKAN LUNCURKAN  PROGRAM PERHUTANAN SOSIAL DI KLEGO
Posted in Informasi
Posted on: October 30th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Menurut data sebanyak 25.863 Desa di Indonesia berada di dalam kawasan hutan yang 70 persen warga nya menggantungkan hidup pada sumber daya hutan. Ada sekitar 10,2 juta penduduk belum sejahtera di kawasan hutan dan tidak memiliki aspek legal di sumber daya hutan. Oleh karena itu, Pemerintah akan menggulirkan program perhutanan sosial yang merupakan bagian dari reforma agraria. Program tersebut akan memberikan kepastian hukum bagi Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) selaku penerima manfaat yang selama ini bekerja sama dengan Perum Perhutani agar bisa memanfaatkan lahan hutan.

“Pemerintah harus bisa meyakinkan masyarakat bisa menggarap tanahnya, bukan memiliki, [karena] ini tanah Negara, bapak ibu boleh pakai,” terang Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar di Balai Desa Gondanglegi; Kecamatan Klego, Minggu (29/10) dalam audiensi dengan masyarakat setempat dan peninjauan lokasi launching program perhutanan sosial.

Siti Nurbaya menambahkan, pemanfaatan lahan tersebut harus memperoleh penghasilan, menguntungkan dan memiliki nilai ekonomi untuk dijual. Untuk itu pihaknya memastikan, pemanfaatan lahan tersebut tidak boleh sendiri, namun harus bersama dan berkelompok. Sehingga akan dibuat surat keputusan (SK) Menteri LHK sebagai pengakuan dan perlindungan hukum sehingga masyarakat tidak takut dan bingung.

“Kelompok mengumpulkan data anggota berupa KTP dan KK untuk penyusunan SK yang berisi nama kelompok dengan anggotanya secara lengkap. Pemanfaatan dan pengelolaan lahan bisa hingga 35 tahun, setiap lima tahun dievaluasi. Untuk itu kelompok harus kuat,”  imbuh Siti Nurbaya

 

Dalam program ini, KemenLHK akan menjalin koordinasi dengan lintas kementerian dan lembaga. Akan ada pendampingan dan pemberian bantuan bahkan fasilitas lain yang akan membantu masyarakat dalam pemanfaatan lahan tersebut.

Kunjungan Menteri LHK di Boyolali diterima Bupati Boyolali, Seno Samodro dan Wakil Bupati Boyolali, M. Said Hidayat di d’Green Kayon Hotel, Ngemplak; Boyolali dan dilanjutkan cek lokasi di Desa Gondaglegi; Klego. Diwacanakan launching akan digelar di wilayah Kecamatan Klego oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada Kamis (2/11) mendatang. (mjk/dst)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top