JELANG RAMADAN, PEMOTONGAN HEWAN DI RPH TURUN

JELANG RAMADAN, PEMOTONGAN HEWAN DI RPH TURUN
Posted in Informasi
Posted on: May 23rd, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Menjelang puasa Ramadhan kali ini, permintaan daging di Boyolali justru stagnan. Imbasnya, intensitas pemotongan hewan pun menurun. Penurunan tidak hanya terjadi di tingkat jagal, melainkan juga pada rumah potong hewan (RPH) pemerintah.
Menurut Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali, Juwaris, informasi dari para jagal hewan belakangan ini jumlah pemotongan menurun. Sementara di RPH Ampel per April kemarin, rata-rata intensitas pemotongan berkisar 30-40 ekor sapi per harinya.
Juwaris menduga penurunan intensitas pemotongan hewan salah satunya dikarenakan banyak konsumen yang beralih ke daging ayam, yang harganya jauh lebih murah. Sehingga permintaan daging sapi cenderung turun atau stagnan.
“Informasi dari paguyuban jagal, pemotongan menjelang puasa ini justru menurun karena banyak yang beralih ke daging ayam,” ungkap Juwaris, Rabu (24/5).
Khusus untuk RPH, diakui Juwaris jumlah tersebut terhitung tidak terlalu banyak. Salah satu penyebabnya lanjut Juwaris, sejak beberapa waktu terakhir tidak ada lagi pengiriman daging sapi ke Jakarta, yang semula bisa mencapai 6 ton per hari. Menurut Juwaris, kondisi ini yang membuat pemotongan di RPH menurun.
Juwaris mengaku kurang mengetahui pasti penyebab terhentinya permintaan daging dari Jakarta itu. Dimungkinkan kebutuhan daging di Jakarta sudah terkaver kiriman daging dari ternak antar pulau atau bahkan daging impor yang lebih murah.
Sementara itu untuk menjamin kualitas daging, Juwaris menegaskan, pihaknya saat ini hanya melayani pemotongan resmi yang ada di RPH. Di luar itu, pihaknya tidak lagi mengeluarkan surat keterangan daging sehat, yang dipotong jagal di luar RPH.
Pihaknya pun terus mendorong agar pemotongan hewan dilakukan di RPH. yang sudah memenuhi persyaratan kesehatan dan kesejahteraan hewan. Salah satunya yakni adanya tenaga dokter hewan yang bertugas memastikan kondisi hewan maupun daging hasil pemotongan. ()

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top