JELANG PADUSAN, UMBUL PENGGING DIKURAS

JELANG PADUSAN, UMBUL PENGGING DIKURAS
Posted in Informasi
Posted on: May 16th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Sejumlah lokasi wisata air yang biasa digunakan untuk menggelar tradisi padusan menjelang datangnya bulan puasa Ramadhan, mulai bersiap menerima serbuan masyarakat.
Salah satu lokasi pemandian yakni komplek umbul Pengging di Kecamatan Banyudono. Terdapat sejumlah umbul yang biasa digunakan untuk tradisi padusan setiap tahunnya, di antaranya yakni Umbul Ngabean, Umbul Duda, dan Umbul Temanten. Setiap tahunnya, umbul Pengging biasa digunakan untuk prosesi ritual padusan resmi Pemkab Boyolali.
Menurut salah satu petugas jaga umbul Pengging, Pardi, saat ini pihaknya siap menyambut pengunjung yang hendak padusan. Menurut dia, setiap kali gelaran tradisi padusan, umbul Pengging diserbu ribuan pengunjung setiap harinya.
Persiapan padusan lanjut dia, salah satunya yakni pengurasan kolam-kolam pemandian yang ada di komplek padusan. Pengurasan dilakukan agar saat padusan nanti, kondisi air kolam tetap terjaga jernih dan bening karena terisi air yang baru dan fresh. Sehingga diharapkan pengunjung akan semakin senang.
“Kolam-kolam sudah mulai dikuras, dibersihkan dan diganti airnya yang baru sehingga sangat jernih,” tutur dia kemarin.
Persiapan lainnya, untuk menghadapi serbuan pengunjung, pihak pengelola juga akan menambah jumlah tenaga. Pasalnya, jumlah pengunjung yang datang diperkirakan melonjak dari hari-hari libur biasa, yang berkisar ratusan orang.
Selain itu, untuk keamanan dan keselamatan pengunjung yang berendam atau berenang di kolam, pengelola juga melibatkan anggota tim SAR untuk ikut mengamankan selama musim padusan.
Menurut Pardi, persiapan yang dilakukan ini merupakan standar untuk menyambut musim padusan. Langkah ini dilakukan untuk menjamin kenyamanan para pengunjung serta keselamatan mereka di kawasan umbul Pengging.
“Meski demikian kami juga mengimbau agar pengunjung selalu hati-hati karena kolam maupun umbul di sini cukup dalam, mencapai 1,5 meteran,” jelas dia.
Kawasan umbul Pengging yang rindang dan teduh, serta terdapat banyak umbul atau kolam di dalamnya, menjadi salah satu daya tarik pengunjung. Apalagi kawasan wisata pengging ini merupakan kawasan wisata religi yang cukup terkenal di Boyolali. ()

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top