JELANG LEBARAN, PEMOHON E-KTP MEMBLUDAK

JELANG LEBARAN, PEMOHON E-KTP MEMBLUDAK
Posted in Informasi
Posted on: June 20th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI : Jumlah pemohon e-KTP di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Boyolali meningkat signifikan menjelang Lebaran. Bahkan jumlah pemohon mencapai 300-an orang per hari.

Membludaknya jumlah pemohon terlihat dari banyaknya antrean di Kantor Disdukcapil. Tak hanya seluruh kursi antrean penuh terisi, pengunjung juga memadati lobi pelayanan sembari berdiri menunggu antrean. Sementara sebagian lainnya sudah mendapat giliran dilayani petugas di loket-loket pelayanan.

Kepala Disdukcapil Boyolali, Agus Santoso membenarkan meningkatnya jumlah pemohon e-KTP sejak dua pekan menjelang lebaran ini. Menurut dia, selain permohonan untuk e-KTP, juga terdapat permohonan kartu lainnya. Namun permohonan tersebut didominasi permohonan e-KTP.

Untuk melayani permohonan tersebut, Agus mengatakan pihaknya akan tetap membuka pelayanan hingga Jumat (23/6) lusa. Sementara ini menurut Agus, para pemohon e-KTP seperti sebelumnya masih akan diberikan surat keterangan. Hal dikarenakan sampai saat ini Boyolali belum lagi mendapat keping kartu e-KTP dari pusat.

“Fungsinya surat keterangan dengan KTP sama. Surat keterangan ini diberikan karena situasinya memang belum memungkinkan, kami belum menerima lagi keping e-KTP dari pusat,” jelas Agus.

Terpisah, meningkatnya pemohon e-KTP salah satunya dikarenakan untuk mengurus keperluan warga. Wati (20), warga Kecamatan Wonosegoro misalnya. Dia mengaku butuh e-KTP untuk pencairan dana Jamsostek.

“Soalnya untuk pencairan Jamsostek harus ada KTP atau surat keterangan dari Disdukcapil sudah cukup,” ujar Wati yang mengaku berangkat dari rumah pagi-pagi sekali.

Senada, Dwi (17), warga Kecamatan Mojosongo mengaku butuh e-KTP untuk membuat SIM. Dwi mengaku usianya saat ini sudah bisa untuk mengajukan SIM di Satlantas Polres Boyolali. Dwi ingin saat lebaran nanti, sudah bisa mengendarai sepeda motor dengan nyaman karena sudah memiliki SIM.

“Kan lebaran pasti pergi-pergi, lebih nyaman kalau sudah punya SIM,” imbuh dia. (ARB)

 

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top