JELANG IDUL ADHA, PASAR HEWAN SUNGGINGAN MEMBLUDAK

JELANG IDUL ADHA, PASAR HEWAN SUNGGINGAN MEMBLUDAK
Posted in Informasi
Posted on: August 31st, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Aktivitas jual-beli hewan di Pasar Sunggingan, Boyolali mencapai puncaknya dua hari sebelum perayaan Idul Kurban, Rabu (30/8). Tak hanya itu, harga hewan kurban pun mengalami peningkatan signifikan dibandingkan beberapa hari sebelumnya.
Hari pasaran terakhir sebelum Idul Kurban, membuat pasaran di Pasar Sunggingan membludak. Jumlah hewan ternak yang masuk ke pasar, baik sapi maupun kambing meningkat tajam. Hewan yang masuk ke pasar dan ditawarkan pedagang, lebih didominasi hewan jantan untuk kurban. Bahkan, untuk aktivitas jual-beli, khususnya hewan kambing, meluber hingga luar pagar. Tidak hanya pedagang lokal dari Boyolali, banyak pedagang dari luar daerah yang juga datang ke Pasar Sunggingan.
“Pahing ini kan pasaran terakhir, puncak-puncaknya. Semuanya dikeluarkan hari ini agar laku,” tutur Ari, pedagang warga Kartasura, Sukoharjo.
Menurut dia, mendekati lebaran kurban saat ini, harga hewan ternak mengalami kenaikan cukup drastis utamanya kambing. Bahkan kenaikan harga kambing pun mencapai Rp 1 juta dari harga normal sekitar Rp 2,5 juta. Rata-rata harga kambing yang dijual untuk hewan kurban saat ini mencapai Rp 3,5 juta.
“Yang diminati terutama yang bulu coklat, biasanya lebih mahal sekitar Rp 100.000 dibandingkan kambing warna hitam atau putih,” kata dia.
Staf UPT Pasar Hewan Sunggingan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Boyolali, Sri Nugroho, membenarkan adanya peningkatan aktivitas jual-beli hewan di Pasar Sunggingan hari ini. Menurut dia, jumlah ternak yang masuk meningkat cukup tajam.
“Untuk kambing saja, yang masuk mencapai 500 ekor lebih. Jumlah ini meningkat tajam dibandingkan pasaran pekan kemarin yang masih di kisaran 400 ekor,” kata dia.
Menurut Nugroho, peningkatan ini dimungkinkan karena hari ini merupakan pasaran terakhir sebelum Idul Kurban, sehingga banyak pedagang maupun petani yang menjual hewan ternaknya saat ini. Di sisi lain, mendekati lebaran kurban, jumlah pembeli juga semakin meningkat.
Selain kambing, peningkatan jumlah sapi yang masuk juga kasat mata. Menurut salah satu pedagang sapi, Harmin, jumlah sapi kali ini lebih padat dibandingkan pasaran kemarin. Dia juga mengaku, jumlah pembeli pun juga bertambah banyak. Imbasnya, harga sapi pun juga mengalami kenaikan, rata-rata hingga Rp 1 juta dibandingkan hari biasa.
“Tapi kebanyakan carinya sapi untuk kurban dengan harga kisaran Rp 17,5 juta hingga Rp 20 juta,” imbuh dia. (AR)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top