JELANG IDUL ADHA, HEWAN KURBAN MULAI DIBURU

JELANG IDUL ADHA, HEWAN KURBAN MULAI DIBURU
Posted in Informasi
Posted on: July 26th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Menjelang Hari Raya Idul Adha, permintaan untuk kebutuhan hewan kurban saat ini mulai meningkat. Banyak warga yang lebih awal mencari dan membeli hewan kurban sebelum harga naik tinggi menjelang hari raya. Sekalipun demikian, peningkatan permintaan tersebut mulai dibarengi dengan kenaikan harga hewan kurban, baik sapi maupun kambing.
Kenaikan harga sapi saat ini bahkan sudah mulai berkisar Rp 1 juta-2 juta/ekor. Meski demikian, kenaikan harga hewan kurban ini dimaklumi lantaran mendekati Idul Adha.
“Biasa, kalau mau hari raya pasti naik harganya karena permintaannya tinggi,” terang Fauzan (26), pembeli asal Salatiga.
Menyadari kenaikan harga pasti terjadi menjelang hari raya, Fauzan mengaku jauh-jauh hari sudah mulai membeli ternak sapi untuk kebutuhan kurban. Setidaknya harga sapi menurut dia kenaikannya belum puncaknya. Saat ini, harga sapi lokal dewasa yang sebelumnya rata-rata seharga Rp 15 juta, naik menjadi Rp 16,5 juta-17.juta.
Kenaikan harga ini dibenarkan Santo, pedagang sapi asal Cepogo. Bahkan menurut dia, kenaikan harga akan semakin tinggi mendekati hari raya nanti. Biasanya lanjut dia, puncak kenaikan harga akan terjadi H-10 hingga pelaksanaan Hari Raya Kurban.
“Untuk kenaikannya saat ini masih terhitung normal,”ujar dia.
Tak hanya hewan kurban yang mengalami kenaikan harga, bahkan untuk ternak bakalan juga ikut terkatrol naik harganya. Sapi bakalan ukur sedang misalnya, jika dalam kondisi normal dihargai Rp 10,5 juta, sekarang ini juga mulai naik menjadi Rp 11 juta-12 juta/ekor.
Kenaikan juga terjadi pada ternak kambing yang sempat anjlok harganya sejak puasa kemarin. Menurut Milan, warga Desa Genting, Cepogo, kenaikan harga kambing saat ini berkisar Rp 100.000 hingga Rp 300.000/ekor tergantung ukuran dan jenis ternak.
“Sekarang harga kambing untuk kurban sudah mencapai rata-rata Rp 2,3 juta/ekor,” imbuh dia. (AR)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top