JANGAN TAKU UNTUK LAPORKAN KASUS KDRT

JANGAN TAKU UNTUK LAPORKAN KASUS KDRT
Posted in Informasi
Posted on: May 30th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI : Kesadaran masyarakat Boyolali melaporkan kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) terus meningkat. Setidaknya ini ditandai dengan meningkatnya laporan KDRT dibandingkan periode tahun sebelumnya.Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Boyolali mencatat sejak Januari-Maret tahun ini, tercatat lima laporan kasus KDRT. Jumlah ini meningkat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, yakni dua kasus laporan.

Kepala DPPKBP3A  Boyolali, Dasih Wiryastuti menegaskan, meningkatnya jumlah laporan kasus KDRT tidak serta merta merujuk pada peningkatan jumlah kasus. Justru meningkatnya jumlah laporan ini dinilai sebagai bentuk meningkatnya kesadaran masyarakat melaporkan terjadinya kasus KDRT.
“Angka laporan memang meningkat tapi itu bukan berarti tambah gawat, melainkan kesadaran masyarakat yang semakin tinggi untuk melaporkan kasus KDRT dan kami mengapresiasinya,” jelas dia, Selasa (30/5).
Menurut Dasih, hal itu setidaknya terlihat dari kasus KDRT yang dilaporkan ke DPPKBP3A  sebagian merupakan laporan dari masyarakat dan sebagian lainnya langsung dari korban. Artinya, peran masyarakat untuk ikut melaporkan kejadian semakin ada dan meningkat.
Menurut Dasih, selama ini masih banyak masyarakat yang menganggap permasalahan di dalam sebuah rumah tangga merupakan privasi. Mereka pun takut disebut ikut campur rumah tangga orang, sekalipun itu kasus KDRT. Imbasnya, kasus KDRT yang menimpa tetangga pun enggan mereka laporkan.
Dasih menegaskan hal itu merupakan pemahaman yang keliru. Justru menurut dia, masyarakat harus berani melaporkan jika ada sesuatu yang tidak beres terjadi pada tetangga mereka. Menyikapi ini, pihaknya terus melakukan sosialisasi ke masyarakat, baik secara formal maupun nonformal.
“Masyarakat harus berani, karena itu wujud kepedulian mereka kepada tetangga dan lingkungan sekitar,” tegas dia. ()

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top