JALAN POROS KENTENG – SOBOKERTO LANCAR BERKAT BANTUAN BUPATI

JALAN POROS KENTENG – SOBOKERTO LANCAR BERKAT BANTUAN BUPATI
Posted in Informasi
Posted on: October 25th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI : Bantuan Bupati Boyolali, Seno Samudro sebesar Rp 100 juta untuk Desa Kenteng, Kecamatan Nogosari, berhasil diwujudkan dalam program pembangunan talud serta pelebaran jalan poros desa setempat.
Pembangunan yang sudah dimulai pada bulan Oktober tahun 2017 ini  di antaranya meliputi pembangunan talud sepanjang 150 meter. Pembangunan talud diperlukan agar kondisi jalan awet dan agar pengendara aman saat melintas.
“Dengan adanya talud ini, diharapkan kondisi jalan mulai membaik dan awet dan tidak membahayakan semua pengguna jalan setiap harinya,” ujar Suyatno (48), Kadus I Desa Kenteng, Selasa (24/10/2017).
Dijelaskan Suyatno, sebelum dibangun talud, kondisi jalan rentan rusak lantaran struktur tanah cukup labil karena tanah gerak. Akibatnya permukaan jalan pun mudah bergeser sehingga cepat rusak dan tidak awet. Kondisi jalan rusak tentu saja akan membahayakan keselamatan  para pengendara yang melintas. Dengan adanya talud di sepanjang pinggir jalan, diharapkan dapat menekan tingkat kelabilan jalan agar bisa lebih awet.
Selain pembangunan talud, jalan yang menghubungkan Desa Kenteng, Nogosari, dengan Desa Soboketo, Ngemplak itu juga diperlebar.  Semula, jalan poros dua desa tersebut hanya selebar lima. Dengan adanya pelebaran jalan, saat ini jalan tersebut menjadi lebar delapan meter sehingga semakin memudahkan pengendara yang melintas dan lalu lintas dapat berjalan lancar.
Diharapkan dengan semakin baiknya akses jalan tersebut dapat mendongkrak roda perekonomian masyarakat dan memperlancar akses antar kecamatan.
“Pembangunan akan dilanjutkan nanti di 2018, rencananya jalan poros ini akan diaspal,” jelas Suyatno.
Rencana pengaspalan jalan poros tersebut nantinya akan menggunakan dana desa tahun 2018 mendatang. Sedangkan untuk tahun ini, pembangunan jalan poros tersebut baru meliputi talud dan pelebaran jalan. Sampai saat ini, progres pembangunan tersebut sudah mencapai 50 persen lebih dan diperkirakan selesai akhir bulan ini.
Mewakili masyarakat, Suyatno menyatakan berterima-kasih kepada Pemkab Boyolali khususnya kepada Bupati Boyolali, yang telah memberikan bantuan dana pembangunan tersebut. Dengan bantuan tersebut, pembangunan dan roda ekonomi di Desa Kenteng diharapkan menjadi makin maju dan lancar.
Lebih lanjut dijelaskan Suyitno, sejak turun anggaran dana desa 2017, pembangujan di Desa Kenteng cukup pesat, salah satunya yakni untuk perbaikan akses jalan yang menjadi perioritas.
Sejumlah titik pembangunan di antaranya yakni betonisasi jalan yang ada di Dukuh Ngablak sepanjang 235 meter senilai Rp 60 juta.
Lalu betonisasi di Dukuh Pundong sepanjang 272 meter dengan biaya Rp 65 juta. Kemudian betonisasi di Dukuh Taruban sepanjang 400 meter dengan biaya Rp 75 juta, dan betonisasi di dDukuh Cengklik sepanjang 330 meter dengan biaya Rp 117 juta.
Pembangunan lainnya yaitu talud di Dukuh Cengklik sepanjang 70 meter dengan biaya Rp 55 juta, serta betonisasi di Dukuh Pelem sepanjang 183 meter dengan biaya Rp 45 juta. (ARB)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top